Rektor Ajak Anggota TNI Timba Ilmu Di UIR

id rektor ajak, anggota tni, timba ilmu, di uir

Pekanbaru, 9/12(ANTARA) - Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Prof Dr Detri Karya mengajak para prajurit TNI di jajaran Korem 031/WB untuk menimba ilmu di universitasnya.

"Universitas Riau merupakan universitas swasta pertama di Riau dan didirikan pada tahun 1962, dan sejak otonomi UIR berkembang pesat dan menjadi universitas swasta terdepan di Riau," kata rektor saat bertemu dengan jajaran Korem 031/WB di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini UIR berada di bawah Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau, yang pada awal berdiri hanya terdiri atas dua taman kanak-kanak, dua sekolah dasar, dua sekolah menengah pertama, dua sekolah menengah atas.

Kemudian berkembang, dengan berdirinya satu universitas dengan sembilan fakultas, di mana para dosen sebagian besar sudah menamatkan S1,S2 dan S3.

"Sekarang UIR berkembang. Bahkan jurusan yang ada lebih lengkap dari universitas negeri yang ada," jelasnya.

Pada kesempatan acara tersebut Danrem 031/WB Kolonel (Inf) Zaedun, S.Sos mengatakan pihaknya mendukung kemajuan anggotanya untuk terus menimba ilmu.

Bahkan setiap tahunnya, ada beberapa prajuritnya yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Selain itu, ia juga menjelaskan kepada rektor bahwa TNI telah melakukan reformasi internal dengan mengacu Undang-Undang No.34 tahun 2004 tentang tugas pokok TNI antara lain operasi militer perang (OMP) dan Operasi militer selain perang (OMSP).

Dalam penjabarannya, ia menjelaskan bahwa tugas pokok TNI dalam OMSP adalah melaksanakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau, MUI, media massa.

Sedangkan dalam bidang pendidikan antara lain melakukan upaya pengentasan buta aksara dan cinta Tanah Air, d ibidang kehutanan melakukan pembibitan pohon trembesi sebanyak satu juta dua ratus ribu batang yang disemaikan di Korem 031/WB, Kodim-Kodim, Koramil-Koramil se-wilayah Korem 031/WB.

Bibit tersebut sudah berumur tiga hingga enam bulan, dengan harapan para mahasiswa IUR dan mahasiswa universitas lainnya, bersama-sama para Babinsa se-wilayah Korem 031/WB dapat bekerja sama melaksanakan penanaman.