Waduh, Sekolah di Mimika tak mengirim peserta ke SMN 2019

id Sekolah di Mimika tidak mengirim peserta SMN 2019

Siswa-siswi Sekolah Asrama Taruna Papua milik Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro/LPMAK ikut berpartisipasi dalam karnaval memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Mimika. (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Puluhan sekolah menengah atas/SMA dan sekolah menengah kejuruan/SMK di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, tahun 2019 ini tidak mengirim peserta Program Siswa Menengah Nusantara (SMN) ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Pejabat Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Marthen Paiding kepada ANTARA di Timika, Rabu, mengatakan sejauh ini jajarannya belum pernah menerima undangan maupun informasi adanya rekrutmen tiga orang SMN dari setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Kami tidak pernah mendapatkan informasi itu. Kalau ada informasi pasti kami kirim. Setahu saya, sampai sekarang tidak ada informasi tentang itu," katanya usai melepas peserta kegiatan karnaval kendaraan hias dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI di Kabupaten Mimika.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Mimika Jenni O Usmani mengatakan seluruh penyelenggaraan pendidikan tingkat menengah kini bukan lagi menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota, namun sudah dialihkan ke Pemprov Papua.

"Sekolah-sekolah SMA dan SMK itu bukan lagi di bawah tanggung jawab kami, tetapi langsung ke provinsi. Kalau ada kegiatan seperti itu (pengiriman SMN), Dinas Pendidikan Provinsi Papua langsung berkoordinasi dengan sekolah-sekolah SMA-SMK yang ada di setiap kabupaten, itu sesuai ketentuan UU Nomor 23 Tahun 2014," kata Jenni.

Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah/MKPS SMA-SMK Kabupaten Mimika Laurents Lassol juga membenarkan belum adanya informasi yang diterima sekolah-sekolah di Mimika terkait pengiriman peserta program SMN tahun 2019 ke Makassar.

"Sejauh ini kami belum mendapat informasi atau petunjuk menyangkut pengiriman peserta program siswa mengenal nusantara ke Makassar itu. Kalaupun ada kegiatan seperti itu seharusnya disampaikan ke semua sekolah SMA-SMK yang ada di setiap kabupaten/kota di Provinsi Papua," kata Laurents.

Pengiriman peserta program Siswa Mengenal Nusantara/SMN 2019 yang akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan merupakan bagian dari program Kementerian BUMN atau yang populer diistilahkan 'BUMN Untuk Negeri'.

Salah satu BUMN yang mempelopori kegiatan tersebut yaitu Bank Rakyat Indonesia/BRI.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar