HK kenalkan Tol Pekanbaru-Dumai ke peserta SMN Riau

id BUMN,SMN 2019, SMN Riau, Hutana Karya

Peserta SMN serius mengikuti pemaparan BUMN saat acara pengenalan. (Foto Antarariau/Diana Syafni/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Sekretaris PT Hutama Karya Alfa Haga Rachmadi saat menyampaikan materi pembekalan kepada para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa, memperkenalkan proyek infrastruktur Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, yang akan selesai pada akhir tahun ini.

Alfa menyebutkan jika membahas tentang materi korporasi tentu akan sulit dimengerti para pelajar setingkat SMA , sehingga peranan HK dijelaskanmelalui salah satu proyek Tol Pekanbaru - Dumai yang telah dikenal luas masyarakat Riau.

Menurutnya, rampungnya pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan dua kota besar di Riau itu akan mempersingkat jarak tempuh, dengan waktu tiga jam saja.

"Saya sampaikan materi yang sederhana saja, karena kalau tadi kita bahas materi korporasi agak berat yah. Jadi tadi saya tanyakan ke mereka, yang pernah ke Dumai berapa jam? Peserta menjawab enam jam. Saya katakan jika Tol ini selesai akhir tahun, Pekanbaru-Dumai hanya ditempuh tiga jam saja," ucap Alfa.

Kemudian dia menjelaskan, pembangunan proyek infrastruktur ini akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Riau. HK sendiri berperan sebagai kontraktor pelaksana pembangunan tol tersebut.

"Kalau lebih cepat apa efeknya? Banyak yang akan datang dan masuk ke Dumai karena aksesnya lebih mudah. Terus apa yang terjadi, saya lihatkan peta dari Lampung ke Aceh, jika ini saling terhubung melalui Tol Trans Sumatera. Terus mereka (peserta) jawab bakal banyak yang datang ke Sumatera. Di situ saya sampaikan bahwa HK berkontribusi untuk itu," ucapnya.

Tak hanya mengenalkan tol Pekanbaru-Dumai, Alfa juga memberikan semangat kepada para pelajar agar bersungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita.

"Cita-cita Indonesia top five, negara kuat nomor lima di Dunia tahun 2050. Nanti yang megang itu generasi muda seperti kalian. Hari ini kalian harus maju setinggi mungkin bercita-cita, menempuh pendidikan dan yang paling penting kalian harus mengingat apa yang harus diberikan untuk negara ini, karena negara sudah begitu banyak memberi untuk kita," ucapnya.

Sebagaiinformasi, sebanyak 30 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Provinsi Riau akan berangkat ke Yogyakarta selama sepekan.

Baca juga: ANTARA beri tips cara menghasilkan karya jurnalistik ke peserta SMN Riau

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada pelajar SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

SMN tahun 2019 dilaksanaan oleh tiga BUMN yakni PTHutama Karya, PTPN V dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Baca juga: Peserta SMN Riau antusias kenali tiga BUMN

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar