ANTARA beri tips cara menghasilkan karya jurnalistik ke peserta SMN Riau

id smn riau, Hutama karya, SMN 2019

ANTARA beri tips cara menghasilkan karya jurnalistik ke peserta SMN Riau

FB Anggoro sedang memberikan pelatihan jurnalistik singkat kepada peserta SMN Riau. (Foto Antaranews/Vera Lusiana/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Pewarta Kantor Berita Antara Riau Rian FB Anggoro memberikan tips membuat karya jurnalistik singkat kepada 30 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Provinsi Riau di Pekanbaru, Senin.

Rian yang juga redaktur Antara di Biro Riau itu memaparkan cara menulis berita singkat itu dengan cara menyebutkan 5W+1H yang merupakan teori paling dasar dalam dunia jurnalistik.

Yang dimaksud 5W+1H adalah What (Kejadian apa yang terjadi), Who (Siapa yang terlibat dalam kejadian itu), Why (Kenapa peristiwa itu terjadi), Where (Di mana kejadiannya, When (Waktu peristiwa itu, serta How (Bagaimana kejadian itu berlangsung).

"Informasi itulah yang layak didapatkan pembaca jika sedang membaca berita," kata Rian.

Dia melanjutkan, hal itu juga berlaku untuk memberikan keterangan foto atau yang biasa disebut "caption".

Untuk mendapatkan informasi 5W+1H terhadap sebuah kejadian, seorang penulis harus melakukan penelusuran terhadap peristiwa atau sesuatu yang disaksikannya.

Tips-tips tersebut dinilai sangat berguna kepada peserta SMN asal Riau yang selanjutnya akan berangkat menuju Daerah Istimewa Yogyakarta selama sepekan, mulai 13 Agustus 2019.

Peserta SMN selanjutnya akan menuliskan semacam "diary" selama melakukan perjalanan di Yogyakarta tersebut. Diary tersebut nantinya akan dibukukan oleh Kementerian BUMN.

SMN 2019 di Riau sendiri dihelat oleh tiga BUMN yakni PT Hutama Karya, PT Perkebunan Nusantara V dan PT Permodalan Nasional Madani.

SMN adalah bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan setiap tahun dalam rangka lebih memperkenalkan Nusantara kepada pelajar SMA sederajat.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar