BPJS Ketenagakerjaan berikan bantuan Rp50 juta untuk pembangunan BUMKam Laksamana

id BPJS Ketenagakerjaan. Bumdes. Siak. Riau.

BPJS Ketenagakerjaan berikan bantuan Rp50 juta untuk pembangunan BUMKam Laksamana

Asisten Deputi Bidang Pengawasan, Pemeriksaan dan Manajemen Resiko Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Barat, Rasidin (paling kiri) bersama Bupati Siak, Camat Sabak Auh, dan Penghulu Kampung Laksamana.(Antaranews/Bayu AA)

Siak, Riau (ANTARA) - Kantor Cabang Pembantu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kabupaten Siak memberikan bantuan sebanyak Rp50 juta untuk membangun Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) Laksamana, Kecamatan Sabak Auh.

Asisten Deputi Bidang Pengawasan, Pemeriksaan dan Manajemen Resiko Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Barat, Rasidin di Kampung Laksamana, Kamis melakukan peletakan batu pertama bersama Bupati Siak, Alfrdri. Menurutnya Kampung Laksamana merupakan satu dari dua kampung di Siak pada tahun 2019 ini yang ditetapkan menjadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.

"Di dalam Kampung Sadar BPJS Ketenagakerjaan yang bekerja di sektor informal. Kalau di Kampung Laksamana ini sudah 90 persen," kata Rasidin.

Selain Kampung Laksamana, lanjutnya di Siak ada juga Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang yang menjadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan. Keduanya nanti akan juga diikutkan untuk bisa bersaing dengan secara nasional dengan desa lainnya di Indonesia.

"Di Siak saejak 2017 ada Kampung Buantan Lestari, Kecamtan Bungaraya dan tahun 2018 lalu Desa Tualang di Kecamatan Tualang yang pernah dapat nominasi 10 besar nasional," ungkap Rasidin.

Dijelaskannya BPJSKetenagakerjaan memberikan Jaminan kecelakaan kerja, kematian, hati tua dan pensiun kepada pekerja formal dan informal. Untuk informal dibiayai sendiri dengan biaya sangat rendah yakni Rp16.800 per bulan dengan dua program yakni jaminan kecelakan kerja dan kematian. Untuk jaminan hari tua ditambah Rp20 ribu dan diambil saat berhenti bekerja.

Adapun yang hadir dari BPJS Ketenagakerjaan dalam kesempatan tersebutKepala Bidang Kepesertaan Progsus (program khusus) BPJS Ketenagakerjaan Kantor cabang Pekanbaru Kota,Ocky Olivia danM Oloan sebagai Kepala Bidang Pelayanan. Di samping itu tentunya juga KepalaBPJS Ketenagakerjaan KCP Siak, YusufDelfi.

Penghulu Kampung Laksamana, Misbah menyampaikan bahwa warganya yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk yakni sebanyak 900 lebih. Dan 870 masuk BPJS Ketenagakerjaan atau sudah 90 persen.

"Seluruh perangkatdesa sudah didaftarkan di tiga item yakni jaminan kecelakaan kerja, kematian dan hari tua," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri mengapresiaai BPJS Ketenagakerjaan yang telah menunjuk kampung tersebut jadi Kampung Sadar BPJS Ketenagakerjaan. Jika bisa kemudian hari menjadi juara di nasional, ini katanya akan menjadi hadiah terindah Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak.

Dia juga berterimakasih BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan bantuan untuk membangun BUMKam.. Ini adalah lembaga keungan yang akan berikan dana usaha mikro mendekatkan masyarakat kepada ketersediaan modal, adanya kantor sebagai wadah mudahan bisa berikan memotovasi," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan santunan kematian sebanyak Rp24 juta kepada ahli waris, warga setempat. Dalam waktu dekat antara Oktober akan diluncurkan secara resmi Kampung Laksamana sebagai Kampung Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Siak.