Riau Ranking Sepuluh Penderita HIV/AIDS Di Indonesia

id riau ranking, sepuluh penderita, hivaids di indonesia

Pekanbaru, 1/12 (ANTARA) - Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Riau, Mambang Mit mengatakan jumlah penderita HIV/AIDS di Riau, hingga Oktober 2010 mencapai 853 orang atau menduduki ranking kesepuluh jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia.

"Jumlah itu terdiri atas penderita HIV sebanyak 361 orang dan AIDS sejumlah 492 orang. Mayoritas penderita HIV/AIDS itu berada pada usia produktif yakni 25-29 tahun," kata jelas Mambang di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengungkapkan, persentase penderita HIV/AIDS yakni 55 persen laki-laki dan 45 persen sisanya adalah perempuan, sementara jumlah penderita paling banyak terdapat di Kota Pekanbaru yang mencapai 453 orang.

Ia menjelaskan, penyebab penularan HIV/AIDS antara lain perilaku seks bebas atau berganti-ganti pasangan, pengunaan jarum suntik bersama terutama oleh pecantu narkotika,, dan transfusi darah.

Mambang menghimbau, agar seluruh komponen masyarakat Riau untuk bersama-sama memberantas penyebaran virus HIV/AIDS ini. Sehingga, penyakit yang mematikan ini dapat berkurang dari Bumi Lancang Kuning.

"Saya bangga dengan generasi muda Riau, yang pada hari ini turut mempelopori kegiatan simpatik dalam memperingati hari AIDS sedunia ini. Mudah-mudahan, semakin hari jumlah penderita HIV/AIDS di Riau semakin menurun," harapnya.

Dalam aksi tersebut, Mambang bersama ratusan mahasiswa, LSM dan sejumlah perwakilan perusahaan, membagikan bunga kepada masyarakat yang melintas di lokasi aksi. Kegiatan simpatik ini, juga menampilkan teaterikal mahasiswa yang menggambarkan kepedihan seorang penderita HIV/AIDS.