Dandim 0314/Inhil imbau masyarakat hentikan bakar lahan dan hutan

id Kodim 0314/Inhil, karlahut,karlahut riau,karhutla, karhutla inhil

Dandim 0314/Inhil imbau masyarakat hentikan bakar lahan dan hutan

Personel Kodim 0314/Inhil sedang melakukan patroli dan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan. (Foto Antarariau/Adriah/19)

Tembilahan (ANTARA) - Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil, Letkol Inf Andrian Siregar mengimbau seluruh masyarakat Indragiri Hilir agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan walau dengan alasan apapun.

"Saya imbau masyarakat Inhil dalam membuka lahan untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan, karena sangat membahayakan. Apalagi saat ini sedang musim kemarau,” sebut DandimAndrian di Tembilahan, Senin.

Dandim menyebutkan, kebakaran lahan dan hutan menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan. Tidak hanya sekedar musnahnya ekosistem, tapi juga timbulnya kabut asap yang akan menjadi ancaman berbagai penyakit bagi semua.

“Apalagi kondisi cuaca seperti saat sekarang ini yang cenderung sangat panas akibat musim kemarau,” ucapnya.

Agar terbebas dari kebakaran hutan dan lahan, Kodim 0314/Inhil terus melaksanakan patroli pendataan serta memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan maupun lahan. Meski demikian upaya ini akan sia-sia tanpa dukungan seluruh pihak, oleh karena itu perlu adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

“Patroli pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilaksanakan guna mengurangi risiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan," jelasnya.

Selain itu, Dandim juga mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

"Mari kita saling bergandeng tangan dan saling mengingatkan satu sama lainnya demi kemaslahatan umat manusia dan makhluk hidup umumnya. Mudah-mudahan kita sebagai manusia dapat membawa rahmat bagi seluruh alam,” pesannya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar