20 Mahasiswa UGM pelajari pertanian di lahan gambut Siak

id UGM,lahan gambut,siak,berita riau antara,berita riau terbaru

20 Mahasiswa UGM pelajari pertanian di lahan gambut Siak

Mahasiswa UGM ketika disambut Sekda Siak.(istimewa)

Siak, Riau (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak menerima kedatangan 20 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)

Puluhan mahasiswa itu datang bersama dosen pembimbing lapangan, Joko Nugroho yang akan melaksanakan KKN dengan program pemberdayaan masyarakat khususnya pertanian di lahan gambut. Mereka memilih Kecamatan Bungaraya merupakan salah satu lumbung padi di Siak.

Joko Nugroho mengatakan bahwa KKN dilaksanakan selama dua bulan yang terdiri dari mahasiswa delapan fakultas. Diantaranya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Teknik, Filsafat, Ilmu Budaya, Geografi, Biologi, Hukum dan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam.

"Sasarannya ada dua tempat, yakni Kampung Jatibaru dan Kampung Tuah Indrapura. Mereka akan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah kepada masyarakat," kata Joko Nugroho, Senin.

Lebih lanjut dia UGM meyakini bisa menghasilkan sesuatu yang yang berguna baik bagi masyarakatnya maupun mahasiswa sendiri. Terutama ada tiga hal yang bisa dikembangkan di Kabupaten Siak, yaitu pertanian, agrowisata dan gaharu.

"Kita berharap mahasiswa bisa melakukan penelitian sekaligus pembelajaran untuk mengembangkan potensi tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah yang menerima kedatangan menyambut baik kedatangan para mahasiswa dan dosen pendamping yang melakukan KKN di negeri istana. Kemudian diapun menyampaikan selayang pandang kondisi Kabupaten Siak.

Menurutnya, peran nyata KKN-PPM UGM diharapkan dapat mendukung upaya Pemkab Siak dalam mengembangkan sektor dan potensi unggulan yang ada, serta mampu berinteraksi dengan masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

Ia berterima kasih, mahasiswa UGM bersedia melaksanakan KKN di Siak dengan menyasar bidang pertanian dan sosial masyarakat. Tentunya diharapkan bisa mendorong kemandirian masyarakat sehingga tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Budi Yuwono, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung Yurnalis, Kakan Kesbangpol, Sekretaris Dinas Kominfo, Sekcam Bungaraya dan Penghulu Jatibaru.(adv)

Baca juga: Pawai Budaya FPN di Bali, Siak tampilkan Silat Sunting 12

Baca juga: Tiba di Bali, rombongan Pemkab Siak studi tiru inovasi Tabanan dan Badung