PSE UGM sambut positif penurunan harga BBM non-subsidi oleh Pertamina

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Pertamina

PSE UGM sambut positif penurunan harga BBM non-subsidi oleh Pertamina

Pengendara roda empat membeli BBM di salah satu SPBU di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (3/1/2023) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Studi Energi (PSE) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyambut positif penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi oleh Pertamina.

"Penentuan harga BBM non-subsidi didasari mekanisme pasar untuk mencapai harga keekonomian. Penurunan harga BBM non-subsidi ini imbas dari penurunan harga minyak mentah dunia," kata Kepala PSEUGM YogyakartaSarjiyadalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia menilai penurunan harga BBM non-subsidi tersebut juga merupakan bentuk kebijakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang terus mendorong Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia (world class energy company).

Seperti diketahui, Erick Thohir dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengumumkan penurunan harga BBM non-subsidi. Pertamax, yang awalnya Rp13.900 per liter, dipangkas menjadi Rp12.800; kemudianPertamax Turbo dari Rp15.200 per liter turun menjadi Rp14.050.

Selanjutnya, Dexlite saat ini dibanderol dengan harga Rp16.150 dari Rp18.300 per liter dan Pertamina Dexmenjadi Rp16.750 dari Rp18.800 per liter.

Peneliti PSE UGM Agung Satrio Nugroho menjelaskan penurunan harga BBM non-subsidi tersebut memberikan dampak positif ke negara. Dengan disparitas harga BBM subsidi dan non-subsidi yang semakin kecil, menurutnya, maka diprediksi akan ada perpindahan konsumsi dari Pertalite ke Pertamax.

Agung mengatakan perpindahan tersebut mirip ketika Pertamina menaikkan harga BBM non-subsidi. Akibat disparitas harga Pertamax yang semakin besar membuat masyarakat beralih mengonsumsi Pertalite sebagai BBM kendaraan, di mana jumlah perpindahan konsumsi tersebut mencapai 5 persen.

"Dengan berkurangnya konsumsi Pertalite, membuat beban negara untuk mensubsidi BBM semakin berkecil," katanya.

Dengan semakin sempitnya disparitas harga, Agung optimistis konsumsi BBM non-subsidi akan meningkat. Harapannya, subsidi BBM dapat dimanfaatkan untuk kebijakan strategis nasional lain, misalnya pengembangan energi baru terbarukan.

"Berkurangnya beban Pertamina terhadap BBM subsidi membuat mereka menjadi world class energy company," tambahnya.

Agung juga mendukung rencana Erick Thohir yang akan mengevaluasi harga BBM non-subsidi setiap pekan. Tujuannya, agar harga BBM non-subsidi dapat langsung menyesuaikan dengan harga keekonomian.

"Saya mendukung rencana Menteri Erick untuk perintahkan Pertamina meninjau ulang harga BBM non-subsidi setiap pekan, sehingga disparitas dengan BBM subsidi semakin kecil," ujar Agung.

Baca juga: Pertamina tambah pasokan BBM 5 persen di Riau jelang Natal

Baca juga: Pertamina siagakan Satgas Natal di Riau