Warga tangkap buaya tiga meter di objek wisata Danau Meduyan Inhu

id buaya,objek wisata danau meduyan,pariwisata inhu,berita riau antara,berita riau terbaru

Warga tangkap buaya tiga meter di objek wisata Danau Meduyan Inhu

Buaya berhasil ditangkap di objek wisata Danau Meduyan, Inhu, Riau. (istimewa)

Rengat Indragiri Hulu Riau (ANTARA) - WargaIndragiri Hulu, Provinsi Riau, berhasil menjerat buaya sepanjang tiga meter di objek wisata Danau Meduyan Kota Lama, karena binatang itu kerap meneror warga setempat.

"Buaya di jerat dengan tali, tidak meninggalkan bekas karena caranya unik," kata salah satu warga Kota Lama,Kecamatan Rengat Barat Sondang (48) di Rengat, Minggu.

Buaya tersebut berhasil ditangkap warga pada Sabtu (29/6) sekira pukul 19.30 WIB. Predator tersebut memiliki panjang tubuh tiga meter lebih dengan jenis kelamin jantan.

Masyarakat selama ini selalu diusik oleh tiga ekor buaya yang berada di Danau Meduyan Kota lama. Ada yang berwarna putih, hitam dan coklat, sedangkan yang tertangkap adalah berwana hitam besar.

Hanya dengan pakai tali, buaya berhasil diamankan. Penangkapan itu disaksikan oleh sejumlah warga.

Kepala Desa Kota Lama, Herman Syukur mengatakan, buaya tersebut berhasil ditangkap berkat upaya masyarakat sekitar dengan menggunakan perangkap tradisional dibuat sedemikian rupa. Sejak dipasang beberapa hari lalu, akhirnya binatang ini baru bisa ditangkap pada Sabtu malam pukul 19.30 WIB.

"Perangkap sudah dipasang tiga hari lalu, ditangkap malam hari karena kebetulan dia keluar dari air dan masuk ke perangkap," jelas Herman.

Herman menambahkan, saat penangkapan warga juga sedikit kesulitan untuk melakukan pengikatan karena buaya itu bersikapagresif.

"Butuh waktu dan bantuan warga sehingga berhasil menangkapnya, saat ini sudah berada di rumah salah satu warga," ujarnya.

Ketakutan masyarakat diharapakan sedikit mereda, pasalnya sosok salah satu buaya di Wisata Danau Meduyan Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat, Inhu yang sering meneror warga sekitar berhasil ditangkap dengan perangkap sederhana.

Ia mengatakan pihaknya sudahmelaporkan penangkapan buaya itu kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Baca juga: Buaya kembali menyerang warga di Riau. Begini nasib korbannya

Baca juga: Perut Buaya pemangsa warga Siak dibelah, potongan tubuh ditemukan (VIDEO)


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar