Pemkot Pekanbaru cadangkan lahan 5 hektare untuk agrowisata

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Pemkot Pekanbaru cadangkan lahan

Pemkot Pekanbaru cadangkan lahan 5 hektare untuk agrowisata

Arsif foto.Taman Agrowisata Nadiin, Sungai Pinang (Riau.Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau kini terus mematangkan berbagai persiapan untuk membangun taman agrowisata di Kecamatan Rumbai, pada lahan seluas 5 hektare yang sudah dicadangkan menjadi hak milik pemerintah kota itu.

"Lahan seluas 5 hektare di Kecamatan Rumbai tersebut sudah dibeli Pemkot Pekanbaru tahun 2019, berikutnya bakal diselesaikan rencana desain kawasan yang bakal menjadi Kawan Rumah Pangan Lestari itu," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Mutia Eliza di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: Moeldoko Dukung Agrowisata Sekat Kanal Bandar Sungai, Siak

Menurut dia, dalam kawasan seluas 5 hektare tersebut akan dibangun gedung serbaguna untuk edukasi, pelatihan dan pembinaan dan kagiatan lainnya, serta dibangun demplot tanaman hortikultura atau sayuran dan buah-buahan, juga perikanan, perternakan dan lainnya.

Di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tersebut, katanya, akan dibangun lebih lengkap dari agro wisata Kota Malang, Jatim, kendati memang bagi pengunjung tetap dikenai karcis masuk.

"Keberadaan KRPL ini juga memberikan kesempatan pada masyarakat yang berdiam di pinggir kawasan untuk mengisi kios-kios dan toko yang menjual hasil pertanian olahan, atau produksi kebun berupa buah-buahan dan sayur-sayuran KRPL itu," katanya.

Di kawasan itu, katanya, juga bakal dibangun usaha peternakan lebah untuk memproduksi madu, dan kebun durian. Masyarakat yang berkunjung ke kawasan ini selain bisa membeli madu asli juga bisa memetik sendiri durian dan makan langsung sesuai kebutuhan.

Ia menjelaskan, untuk anggaran pembelian lahan bersumber dari APBD Kota Pekanbaru dan ditargetkan tahun 2020 pembangunan fisik pagar KRPL dimulai termasuk gedung serba guna dan sarana prasarana pendukung lainnya.

KRPL ke depan, selain menjadi kawasan cadangan pangan untuk Kota Pekanbaru, sekaligus terintegrasi dengan kawasan cantik sehingga menjadi salah satu pendukung upaya pengembangan kota madani ini, demikian Mutia Eliza .

Baca juga: Asiknya Agrowisata Petik Jeruk Di Banyuwangi

Baca juga: Taman Agrowisata Kampar Sajikan Makanan Khas Ikan Arwana Brazilia Silver