Organda Pekanbaru imbau masyarakat tak naik angkutan gelap

id travel gelap, organda, angkutan resmi,kota Pekanbaru

Organda Pekanbaru imbau masyarakat tak naik angkutan gelap

Sejumlah kendaraan mulai memadati Gebang Tol Amplas, Jumat (31/5/2019). ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus/aa

Pekanbaru (ANTARA) - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan travel gelap saat mudik Lebaran 2019 ataupun balik ke daerah asal karena angkutan tersebut tidak terjamin keselamatannya.

"Travel gelap itu ilegal. Mereka angkutan tidak resmi yang tidak bisa menjamin keselamatan para penumpang," kata Ketua Organda Kota Pekanbaru Syaiful Alam di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia masyarakat bisa memilih angkutan darat yang resmi yang ada di Ibu Kota Provinsi Riau ini. Pihaknya juga memastikan ada ribuan armada siap mengangkut pemudik pada momen mudik ataupun arus balik Lebaran 2019 ini.

Di Kota Pekanbaru sendiri setidaknya ada 1.000 unit armada darat untuk angkutan Lebaran. "Angkutan ini tidak cuma armada reguler saja. Tapi ada dukungan bus tambahan berupa bus pariwisata yang telah disiapkan," ujarnya.

Meski demikian, Syaiful tidak menampik keberadaan travel gelap masih marak di Kota Pekanbaru dan justru diminati masyarakat.

Angkutan tak resmi tersebut kebanyakan melayani rute menuju sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat maupun di dalam Provinsi Riau yang kurang terjangkau angkutan umum resmi.

Syaiful memperkirakan, jumlah travel gelap di wilayahnya terus bertambah seiring bertambahnya penduduk dan banyaknya rute.

Angkutan darat saat ini juga kian diminati seiring tingginya tiket pesawat terbang. Sementara tarif angkutan travel ilegal juga bersaing dengan angkutan resmi.

Travel ilegal juga memanjakan konsumen melalui pelayanan antar-jemput sehingga semakin memudahkan pelanggan. Hal ini diyakini yang membuat masyarakat enggan menggunakan angkutan resmi.

Baca juga: Organda Riau Siagakan 2.235 Armada Lebaran

Baca juga: 3.000 Travel Ilegal Di Pekanbaru, Bagaimana Sikap Organda?