Dinas Pertanian Pekanbaru Vaksinisasi Hewan Penular Rabies

id dinas pertanian, pekanbaru vaksinisasi, hewan penular rabies

Pekanbaru,18/10(ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Pekanbaru melakukan vaksinasi terhadap ribuan ekor Hewan Penular Rabies (HPR) yang terdapat di Pekanbaru, kata seorang pejabat instansi setempat.

Kepala Dinas Pertanian Sentot D Prayitno di Pekanbaru, Senin, mengatakan, pihaknya sudah melakukan terhadap 1.451 vaksinasi dan target ke depan 4.000 HPR.

"Vaksinasi yang kami lakukan sejak 20 lalu terhadap 1.451 HPR dan targetnya kini adalah 4.000 HPR," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru tersebut.

Ia menyebutkan, vaksinasi dilakukan di 12 kecamatan yang ada di Pekanbaru. Saat ini sudah lima kecamatan yang dilakukan vaksinasi yakni Tampan, Payung Sekaki, Tenayan Raya, Marpoyan Damai dan Bukit Raya.

"Sedangkan kecamatan lainnya, vaksinasi akan dilakukan hingga 20 hari ke depan," tambah dia.

Dia mengatakan, selain melakukan vaksinasi, pihaknya juga melakukan eliminasi atau pemusnahan terhadap hewan yang berkeliaran di luar.

"Eliminasi perlu dilakukan terhadap hewan yang berkeliaran di luar, bisa dengan dibunuh ataupun di penggal hewan tersebut," tambah Sentot.

Untuk daerah Pekanbaru terdapat beberapa daerah yang menjadi endemis rabies yakni Tenaya Raya, Rumbai dan Rumbai Pesisir. Pihaknya memperkirakan terdapat 3.000 hewan yang berada di kawasan tersebut.

"Kita juga mengimbau masyarakat yang memelihara hewan penular rabies segera membawa ke Dinas Pertanian atau tempat dilakukannya vaksinasi, baik anjing maupun kucing," kata Sentot.

Menurut dia, rabies ini sulit ditanggulangi dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat memberi dan mengantar hewan peliharaannya untuk divaksin.

"Hingga Oktober 2010, terdapat 33 kasus gigitan rabies di Pekanbaru, 14 korban di antaranya merupakan positif rabies," tukas dia.

Dia mengatakan, bagi masyarakat yang terkena gigitan tersebut diharapkan dibawa ke puskesmas atau klinik terdepat untuk mendapat perawatan lebih lanjut.