GoJek akan latih mitra kemampuan bahasa Inggris untuk Wisman di Pekanbaru

id GoJek, Driver, Ojol

GoJek akan latih mitra kemampuan bahasa Inggris untuk Wisman di Pekanbaru

Head of Regional Corporate Affairs GOJEK Wilayah Sumatera Teuku Parvinanda bersama mitra GoJek Pekanbaru. (Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - PerusahaanGoJek menyatakan akan melatih kemampuan berbahasa Inggris kepada para mitra di Pekanbaru sebagai bagian dari upaya menjadikan Ibukota Provinsi Riau tersebut ramah wisatawan mancanegara (wisman).

"Gojek bisa jadi garda terdepan untuk menjadi guide wisata, dengan pelatihan Bahasa Inggris. Secara bertahap nanti kita akan realisasikan," kata Head of Regional Corporate Affairs GOJEK Wilayah Sumatera Teuku Parvinanda kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Andri, begitu dia akrab disapa, mengatakan sejatinya program serupa telah dijalankan di Pulau Dewata Bali. Peningkatan kemampuan para mitra termasuk pelatihan bahasa Inggris tersebut terangkum dalam program Bengkel Belajar Mitra (BBM).

Secara nasional, program itu telah diikuti oleh 1.000 mitra GoJek dan secara bertahap akan terus diperluas. Di Kota Pekanbaru sendiri, BBM juga mulai diterapkan. Namun, untuk sementara bahasa Inggris belum bagian dari program pelatihan.

Dia mengatakan program BBM sendiri merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan kesejahteraan mitra. Namun, dia mengatakan perlu dukungan secara menyeluruh. Pertama adalah pendapatan yang berkesinambungan. Kedua pengelolaan keuangan yang baik, dan ketiga pengembangan skil dan pengetahuan.

Inisiatif BBM akan diselenggarakan bagi mitra driver di Pekanbaru sejauh ini meliputi dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan. Pertama adalah Pengembangan Layanan Prima dan kedua Pengembangan Kemampuan Diri.

Di Pengembangan Layanan Prima, pelatihan diberikan agar kualitas pelayanan mitra terus meningkat seperti P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dan Service Excellence (Pelayanan Prima). Sedangkan di Pengembangan Kemampuan Diri, Gojek membekali mitra dengan Pelatihan Wirausaha dan Pengelolaan Keuangan agar mitra memiliki pemasukan tambahan sekaligus mampu mengelola keuangan.

"Sebagai satu-satunya pelatihan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia, ilmu yang mitra dapatkan dari BBM tidak hanya dapat meningkatkan taraf hidup, tetapi juga mengangkat kesejahteraan keluarga" ujar Andri saat ditemui dalam kegiatan #NGOBROLbarengGOJEK.

Selain BBM, GoJek juga menghadirkan program GOJEK Swadaya. Melalui program ini, mitra mendapatkan akses ke ragam layanan finansial yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing dengan keuntungan. Sehingga semakin mampu mengelola keuangan dengan baik. Saat ini, program GOJEK SWADAYA telah diikuti oleh lebih dari satu juta penerima manfaat yaitu mitra driver dan keluarga se-Nusantara.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar