Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut meningkat selama Pemilu 2019

id Bbm dan lpg,pertamina,berita riau terbaru,berita riau antara,konsumsi BBM,harga LPG

Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut meningkat selama Pemilu 2019

Antrian masyarakat di SPBU, realisasi rata-rata harian BBM untuk wilayah Sumbagut, sebanyak 20,8 ribu Kiloliter, meningkat 2,4 persen, selama Pemilu bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019. (Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Sumbagut menyatakan, terjadi peningkatan konsumsi BBM sebanyak 2,4 persen dan LPG dua persen, di wilayah setempat selama periode penyelenggaraan Pemilu 2019.

Pantauan ini masih dalam rangka semangat pelaksanaan Pemilu 2019, dimana pertamina melaksanakan pengamanan pasokan BBM dan LPG melalui Satuan Tugas (Satgas).

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo, mengutarakan peningkatan konsumsi BBM dan LPG di wilayah sumbagut, karena momen Pemilu, bertepatan dengan hari libur pada pekan. Sehingga menjadi ajang berkumpul bersama keluarga.

"Sehari setelah Pemilu, dalam pantauan kami pasokan BBM aman. Konsumsi Pertamax pada hari ini Kamis (18/4) sebanyak 852 KL, atau naik sebanyak 22 persen, dibandingkan dengan Daily Objective Throughput (DOT) sebanyak 697 Kiloliter untuk di wilayah MOR I," ujar Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo, kepada antara di Pekanbaru, Kamis.

Baca juga: Pemkot Dumai Melirik Dua Potensi Wisata Pertamina RU II

Sebut dia, realisasi rata-rata harian BBM untuk wilayah Sumbagut, sebanyak 20,8 ribu Kiloliter, meningkat 2,4 persen bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019.

Selain itu, lanjut Roby, realisasi rata-rata harian untuk produk-produk gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) meningkat sebanyak 2,9 persen. Sedangkan untuk produk-produk gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) terjadi peningkatan sebanyak 1,6 persen.

Sementara pada penyaluran LPG, terjadi tambahan sebanyak rata-rata 4 persen dari pasokan normal. Hal ini telah disiapkan Pertamina MOR I, untuk mengantisipasi lonjakan peningkatan konsumsi. Pada periode pemilu ini, terjadi peningkatan 2 persen bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019.

"Peningkatan konsumsi LPG di hunian maupun rumah makan, terjadi berkat masyarakat yang berkumpul bersama keluarga pada saat Pemilu serta hari libur pada pekan ini," tuturnya.

Perlu diketahui, pada tanggal 18 Februari 2019, Pertamina telah membentuk Satgas Pemilu, untuk memastikan keamanan dalam produksi hingga proses distribusi produk-produk Pertamina kepada Masyarakat.

Dalam pelaksanaan Satgas Pemilu ini, Pertamina juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri, sehingga keamanan pasokan BBM dan LPG di seluruh wilayah Indonesia menjadi lebih terjamin.

Pertamina terbuka akan laporan, masukan, dan saran dari konsumen. Jika masyarakat membutuhkan informasi seputar produk Pertamina seperti BBM, LPG, dan Pelumas, dapat menghubungi Call Center Pertamina 135 ataupun e-mail pcc@pertamina.com.

Baca juga: Petani binaan Pertamina panen 30 ton semangka di lahan marginal