Pasar Tumpah Jalan Teratai Akan Ditertibkan

id pasar tumpah, jalan teratai, akan ditertibkan

Pekanbaru, 23/9 (ANTARA)- Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar tumpah yang berada di Jalan Teratai, Pekanbaru, akan ditertibkan mengingat keberadaan PKl ini telah menyebabkan kemacetan lalulintas .

"Jika memungkinkan, pedagang akan dimasukkan ke dalam Pasar Senapelan yang dibangun PT Peputra Maha Jaya (PMJ). Saat ini, Dinas Pasar (Dispas) dan pedagang diminta untuk melakukan inventarisasi jumlah pedagang," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru, Zulfikar, kepada ANTARA, Kamis.

Dia mengatakan, rapat soal penertiban itu merupakan lanjutan rapat sebelumnya yang diikuti Kakan Satpol PP, Dinas Pasar, Dishub, PT PMJ, dan perwakilan pedagang.

"Sekarang ini, Kami masih meminta kepada Dinas Pasar untuk mendata semua jumlah pedagang yang ada di Jalan Teratai," katanya.

Dengan adanya persamaan data, kata Zulfikar, maka hal itu disingkronkan dengan permintaan pedagang setelah itu akan disampaikan ke Dinas Pasar dan ke PT PMJ.

"Dan hal lain memang ada perkembangan usulan pembentukan tim terpadu dan ini nantinya disampaikan oleh Dinas Pasar," katanya.

Dia mengatakan, nantinya direncanakan akan adanya pembangunan pos di empat titik di lokasi Jalan Teratai yang di buat oleh tim terpadu.

"Kalau ada yang berkembang nanti kita laporkan ke Pemko serta berapa los yang diperlukan pedagang," tambahnya.

Penanganan PKL di jalan tersebut menunjukkan sampai saat ini penyelesaiannya tak kunjung tuntas. Bahkan, jumlah PKL makin banyak dan menimbulkan kemacetan.

"Bagaimana mengintensifkan penertiban PKL di Jalan Teratai karena sekarang badan jalan digunakan pedagang untuk berjualan."

Zulfikar mengatakan, sebelumnya telah dicoba dimasukkan ke dalam pasar, namun pedagang kembali keluar. Kondisi ini mengganggu lalu lintas di sekitar itu.

Sebab itu, walikota meminta agar masalah ini ditangani serius.

Dalam rapat itu terungkap, jumlah pedagang antara yang didata Dispas dengan versi pedagang berbeda, sehingga ketika PKL dimasukkan ke dalam pasar ada yang tidak terdaftar.

Berdasarkan data Dinas Pasar jumlah PKL terakhir di Teratai sebanyak 232 orang.

Jika data akurat, maka pihak PMJ bersedia untuk menyediakan tempat bagi pedagang di dalam pasar. Ia juga mengingatkan, PKL yang diduga cenderung datang dari Pasar Agus Salim ke Jalan Teratai agar dipantau pihak terkait.