Para Pemudik Diminta Waspadai Pasar Tumpah Di Jalan Nasional

id para pemudik, diminta waspadai, pasar tumpah, di jalan nasional

Para Pemudik Diminta Waspadai Pasar Tumpah Di Jalan Nasional

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi (PUPR) Riau, mengimbau pemudik agar mewaspadai empat pasar tumpah pada sejumlah titik di jalan nasioal provinsi itu karena kondisinya sudah memakan bahu jalan.

"Para pedagang tumpah ruah sampai ke bahu jalan, selain pedagang kendaraan yang parkir menggunakan bahu jalan mengakibatkan arus lalu lintas terhambat dan bisa menimbulkan kemacetan," kata Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto, di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, empat titik pasar tumpah tersebut tersebar di kawasan Jalan Lintas Barat Km 31 dan Pasar Danau Bingkuang, Kecamatan Tambang setiap Rabu.

"Para pedagang tumpah ruah sampai ke bahu jalan dan untuk pengamanannya PUPR berkordinasi dengan pihak Polres setempat dan Dinas Perhubungan Provinsi Riau," katanya.

Selain penanganan pasar tumpah, Dinas PUPR juga berkoordinasi dengan organisasi pemerintah daerah terkait dalam menangani banjir guna mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2017.

Sedangkan tiga titik lainnya, pasar tumpah terdapat di Jalan Lintas Barat Km 39 yakni Pasar Kampar Kecamatan Kampar Timur setiap Minggu, para pedagang tumpah ruah sampai ke bahu jalan.

"Selain pedagang, kendaraan yang parkir menggunakan bahu jalan mengakibatkan arus lalu lintas pun terhambat, maka penangannya arus lalu lintas akan dilakukan oleh Polres setempat," katanya.

Lokasi pasar tumpah lainnya tercatat di Jalan Lintas Barat Km 71, yakni Pasar Kuok Kecamatan Bangkinang Barat, setiap Minggu, juga mengakibatkan kemacetan.

Solusinya, jika terjadi kemacetan di Jalan Lintas Timur dari Batas Jambi menuju Pematang Rebah jalur alternatif melalui jalur Selensen-Kota Baru-Bagan Jaya.

Jika terjadi bencana alam berupa longsor, banjir di Lintas Barat (Rantau Berangin sekitarnya ) jalur alternatif bisa dilakukan melalui jalur Sungai Silam-Lubuk Agung-Tanjung Alai.

Jika terjadi kemacetan di jalan Lintas Timur dari Batas Jambi menuju Pematang Rebah jalur alternatif melalui jalur Selensen-Kota Baru-Bagan Jaya.

Begitupula jika terjadi bencana alam berupa longsor dan banjir di Lintas Barat (Rantau Berangin sekitarnya ) jalur alternatif melalui jalur Sungai Silam-Lubuk Agung-Tanjung Alai.