Siswa SD di Pekanbaru dipulangkan karena guru-guru ikut demonstrasi

id demonstrasi guru pekanbaru,kenaikan gaji guru 2019,tunjangan guru pekanbaru dihapus 2019,berita riau terbaru,berita hari ini,berita riau terkini,berit

Siswa SD di Pekanbaru dipulangkan karena guru-guru ikut demonstrasi

Demo guru di Pekanbaru, Kamis (21/3/2019). (Antaranews/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Unjuk rasa guru di Kota Pekanbaru, Riau, berdampak pada aktivitas belajar siswa karena dipulangkan lebih awal karena guru-guru ikut berdemonstrasi.

Pantuan Antara di Pekanbaru, Senin, siswa SDN 26 di JalamPattimura terlihat sudah dipulangkan pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan untuk kelas dua yang masuk siang, hari ini diliburkan.

“Biasanya belajar sampai jam tiga sore. Gurunya demo semua,” kata seorang siswa, Rafif.

Baca juga: Ratusan guru Pekanbaru demonstrasi tolak kebijakan walikota

Satpam sekolah tersebut, Sarwo Edi, mengatakan semua guru yang pergi berunjuk rasa berstatus PNS. Namun, tidak semua guru ikut.

“Ada hanya yang honorer di sekolah, yang PNS demo semua,” katanya.

Sudah sekitar tujuh kali ribuan guru-guru di Kota Pekanbaru turun ke jalan berunjuk rasa di depan Mal Pelayanan Terpadu Kota Pekanbaru. Ribuan guru yang tergabung dalam Forum Guru SD-SM itu mengenakan seragam batik PGRI dan menutup Jalan Jenderal Sudirman dalam aksi itu.

Para guru berstatus PNS itu memprotes kebijakan Wali Kota Pekanbaru yang menghapus tunjangan profesi tambahan penghasilan pegawai (TPP) mereka pada tahun ini. Padahal, sebelumnya para guru rata-rata menerima Rp1,5 juta dana tunjangan, yang dibayarkan pemerintah setempat setiap tiga bulan sekali.

Pada Kamis (21/3) pekan lalu, guru-guru tersebut bahkan membawa sebuah keranda saat berunjuk rasa. Keranda yang dibalut kain kafan itu sebagai simbol matinya hati nurani Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang telah mengeluarkan kebijakan sepihak menghapus TPP.

Keranda bertuliskan "matinya hati nurani pejabat Walikota" tersebut digotong para pahlawan tanda jasa itu dan diletakkan persis di halaman kantor Walikota Pekanbaru.

Hingga siang ini guru-guru masih berdemonstrasi dan menuntuk agar Wali Kota Pekanbaru Firdaus mau menemui mereka.

Baca juga: Ribuan Guru Demonstrasi Duduki Kantor Gubri

Baca juga: Guru Bantu Riau Diminta Untuk Kembalian Gaji Dan Tunjangan, Kenapa??