40 calon komisioner KPU Kepulauan Meranti lulus tahap administrasi

id Seleksi kpu Meranti,Kpu update,Pemilu 2019,Berita hari ini,Berita riau terbaru,Berita riau terkini,Berita riau antara,Berita riau meranti

40 calon komisioner KPU Kepulauan Meranti lulus tahap administrasi

Ilustrasi. (Media Center KIP Banda Aceh)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 40 orang calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Riau, dinyatakan lulus tahap administrasi, dari 58 pelamar oleh tim seleksi.

"Kemarinproses seleksi administrasi dilakukan, dan sudah dapat hasilnya siapa saja yang akan ikut tes lanjutan," kata Ketua Timsel KPU Kepulauan Meranti, Sri Rukmini, di Pekanbaru, Minggu.

Sri Rukmini menjelaskan selanjutnya tahapan yang akan dilalui oleh para calon, yakni ujian kompetensi dasar dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

"CAT akan dilakukan besok Senin (25/3) di salah satu tempat Jalan Ronggowarsito," jelas mantan komisioner KPU Riau, periode 2015-2019 itu.

Menurut Rumini, dari 40 calon komisioner KPU Kepulauan Meranti yang melamar, dua di antaranya adalah wanita. Sehingga keterwakilan perempuan sudah terpenuhi.

"Sesuai undang-undang no 16, nantinya akan dipilih lima komisioner yang terbaik untuk Kabupaten Kepulauan Meranti," imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, mengatakan,

Masa jabatan Komisioner KPU Kabupaten Meranti 2014-2019 akan berakhir 1 April mendatang.

"Saat ini calon komisioner sudah dalam proses tahapan seleksi. Selanjutnya pada tanggal 7 April akan dikirimkan 10 nama untuk diputuskan siapa lima terbaik oleh KPU RI," kata Nugroho.

Terkait pelantikan, Nugroho menyebutkan tergantung KPU RI.

"Cenderung tentatif, menyesuaikan ritme KPU RI, hanya idealnya sebelum tanggal 17 April sudah dilantik, kalau tidak kita tetap ambil alih. Kalau misalnya masih belum juga, nanti salah satu dari komisioner KPU Riau akan berkantor di sana untuk memantau dan penanggungjawab Pemilu," pungkasnya.