Sempat terkendala, Pendistribusian Logistik Pemilu di Inhil kembali dilanjutkan

id kpu Inhil, pendistribusian logistik pemilu,kpu update,pemilu 2019,berita riau terbaru,berita riau terkini,berita riau antara

Sempat terkendala, Pendistribusian Logistik Pemilu di Inhil kembali dilanjutkan

Divisi SDM dan Farmas KPU Inhil, Hasni Novriana

Tembilahan, Riau (ANTARA) - Setelah sempat mengalami kecelakaan ringan, pendistribusian Logistik Pemilu 2019 berupa 190 kotak suara yang berisikan surat suara, formulir dan alat kelengkapan TPS, kembali dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gaung Anak Serka (GAS).

"Sempat terkendala pendistribusiannya dikarenakan Delapan kotak suara terjatuh ke sungai saat beberapa petugas pendistribusian masuk ke dalam kapal, namun mereka sempat mengimbangi sehingga tidak terjadi karam total," kata Ketua PPK Gaung Anak Serka, Raja Jasman, Senin petang (15/4).

Dikatakan Raja Jasman, Logistik Pemilu 2019 yang rusak telah diganti dengan yang baru. Ratusan kotak suara itu untuk Sembilan Desa yang terdiri dari 38 TPS.

Dia memastikan Logistik Pemilu 2019 tersebut akan sampai di masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di Kecamatan GAS H-2 ini.

Baca juga: Kecelakaan terjadi saat pendisitribusian logistik Pemilu 2019 di Inhil

Divisi SDM dan Farmas KPU Inhil, Hasni Novriana, membenarkan insiden tersebut. Dia mengatakan saat ini pihaknya telah mengganti kotak suara yang rusak dengan yang baru sebanyak Delapan kotak.

"Ya, sudah kita ganti dengan logistik cadangan yang kita punya. Pemeriksaan juga sydah dilakukan mana yang layak dan yang tidak layak dengan disaksikan Ketua Panwaslu Kecamatan GAS dan Ketua PPK GAS," sambung Hasni.

Dia menambahkan, pendistribusian logistik tersebut dilanjutkan dengan mengunakan KM Permata Indah GT 19 dengan kapasitas sesuai dengan muatan. Pendistribusian itu sendiri dikawal oleh dua personil pengamanan, angota Panwaslu Kecamatan dan Divisi Logistik Kecamatan.

Sebelumnya dikabarkan Logistik Pemilu 2019 yang didistribusikan oleh PPK Gaung Anak Serka (GAS) menuju 9 Desa mengunakan Kapal Motor (KM) GT 5 mengalami kecelakaan ringan.

Akibat dari insiden tersebut, Delapan dari 190 kotak suara jatuh ke Sungai Anak Serka hingga mengalami kerusakan. Sedangkan dua berkas C1 plano TPS 02 DPRD Kabupaten dan Kota Teluk Pantaian dan C1 Plano TPS 01 DPRD Provinsi Sungai Empat tidak dapat digunakan lagi.

Baca juga: 17 pasien di RSJ Tampan Pekanbaru batal ikut Pemilu 2019. Begini sebabnya