Indra Sjafri Ungkapkan Keunggulan Timnas U-22 dan Targetnya di Final AFF

id Piala AFF U-22,timnas U-22,indra sjafri

Indra Sjafri Ungkapkan Keunggulan Timnas U-22 dan Targetnya di Final AFF

Arsip foto. Pelatih Timnas U-19 Indra Syafri memantu proses seleksi pesepak bola untuk regional Sumatra di Stadiun Utama Riau, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (8/3/2017). Seleksi regional Sumatra diikuti 33 orang pesepak bola dari Provinsi Riau, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Kepulauan Riau. (ANTARA FOTO/FB Anggoro) (Antaranews/FB Anggoro)

Mudah-mudahan tak hanya final kedua. Semoga ini juara kedua saya di usia yang berbeda ~ Indra Syafri
Phnom Penh (Antaranews Riau ) - Timnas Nasional Indonesia U-22 akan bertemu Thailand di Final Piala AFF. Pelatih Timnas Indra Sjafri menyatakan tak mau laga pamungkas itu hanya sekadar pertandingan puncak semata karena ada target besar dan keunggulan yang bisa dioptimalkan.

Indonesia memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan Thailand menyongsong partai final, yakni durasi pemulihan kebugaran pemain yang lebih panjang karena memainkan partai semifinal lebih awal serta hanya tampil 90 menit ketimbang Pasukan Gajah Putih yang harus berjibaku selama 120 menit.

"Tentu itu hal positif untuk kita. Kemarin saya melihat permainan mereka selama 120 menit, mudah-mudahan besok kita bisa antisipasi," katanya.

Baca juga: Timnas U-22 Kalahkan Kamboja 2-0, Striker Muda ini Pencetak Dwi Golnya

Pria berusia 56 tahun itu bertekad bisa meraih gelar juara kedua di tingkat AFF, setelah pada 2013 silam menjuarai Piala AFF U-19.

"Mudah-mudahan tak hanya final kedua. Semoga ini juara kedua saya di usia yang berbeda," kata Indra selepas memimpin latihan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Senin.

Indra dalam beberapa kesempatan kerap menyebut bahwa ia telah merancang sebuah periodisasi penampilan bagi Timnas U-22 di Piala AFF U-22, dengan puncak permainan terbaik di partai final.

Periodisasi penampilan itu beriringan dengan target-target bertingkat yang dipatoknya untuk Garuda Muda, yakni lolos dari penyisihan grup, mencapai final dan kini menjadi juara.

Baca juga: Timnas U-22 Nyaris Takluk dari Myanmar, Pemain ini yang Menyelamatkan Indonesia

Selain itu Indonesia juga untuk kali kedua akan merumput di waktu petang menuju malam, ketimbang tiga pertandingan lain yang selalu berlangsung sore hari ketika terik matahari masih terasa di tengah lapangan.

Kendati menyebutkan timnya tak bermasalah main sore ataupun malam, Indra mengakui anak-anak asuhannya terlihat lebih nyaman ketika bermain di kala langit telah gelap.

"Lalu kita kembali main malam, karena sepertinya anak-anak lebih nyaman main malam," ujar dia.

"Mudah-mudahan besok lancar dan atas izin Allah kita bisa menjadi juara," pungkasnya.

Sebelum Indonesia menghadapi Thailand di partai final pada Selasa (26/2) malam, tuan rumah Kamboja terlebih dulu bertemu Vietnam dalam laga perebutan tempat ketiga pada sore harinya.