Alfamart salurkan Rp8,7 miliar hasil program "Donasi Konsumen"

id Donasi konsumen

Alfamart salurkan Rp8,7 miliar hasil program "Donasi Konsumen"

Alfamart salurkan donasi konsumen kepada masyarakat kurang mampu (Vera Lusiana)

Donasi konsumen
Pekanbaru (Antaranews Riau) - Riteil moderen Alfamart telah menyalurkan Rp8,7 miliar dana yang berhasil dikumpulkan pada program "Donasi Konsumen" tahun 2018 ke tiga yayasan.

"Total donasi yang berhasil digalang setiap periode, semuanya disalurkan ke tiga yayasan," kata Corporate Affair Director Alfamart Solihin melalui rilis di Pekanbaru, Rabu.

Solihin menyatakan bantuan sosial dari konsumen yang dihimpun oleh Alfamart melalui donasi konsumen sangat memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat. Alfamart berusaha memberikan nilai lebih kepada pelanggan dan masyarakat luas."Sebagai toko komunitas yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, kami mengajak peran aktif pelanggan untuk ikut membantu saudara-saudara kita lain yang membutuhkan bantuan," ujarnya.

Pada tahun 2018, ada tiga Yayasan yangdisantuni, yakni periode Januari - Maret 2018, donasi konsumen disalurkan melalui yayasan BMCI, dengan izin dari Kementerian Sosial No SK 285/HUK-UND/2018. Donasi yang terkumpul sebesar Rp2.227.051.335 berupa 20.000 paket sembako untuk keluarga prasejahtera, selain itu juga diberikan kepada pengungsi bencana alam.

Sedangkan pada periode April - Juni 2018, donasi Rp2.262.453.760 disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Izin LAZISNU dikeluarkan oleh Kementerian Agama no SK Kemenag 255/2016. Penyalurannya berupa kegiatan khitan massal yang diselenggarakan di 31 kota/kabupaten dan juga untuk perbaikan sarana prasarana rumah ibadah.

"Donasi untuk khitan massal gratis ini bermanfaat bagi ribuan anak yang kurang mampu untuk menjalankan salah satu ibadah mereka menuju aqil balig," imbuhnya.

Selanjutnya Yayasan ketiga adalah Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU), untuk penggalangan donasi periode Juli -Desember 2018. "Untuk pertama kalinya Donasi Konsumen Alfamart disalurkan melalui LAZISMU, dan programnya untuk bidang pendidikan jadi sangat penting, karena bisa ikut mengantarkan adik-adik kita yang membutuhkan untuk menggapai cita-citanya," ujar Solihin.

Programnya berupa renovasi 20 sekolah dan pembagian perlengkapan sekolah untuk siswa 6.500 siswa SD yang di dalamnya terdapat seragam sekolah, buku tulis, peralatan tulis, tas dan sepatu. Selain itu, juga ada 1.200 paket hygiene family kit untuk bantuan sosial kemanusiaan. Dalam 6 bulan penggalangan terkumpul donasi Rp4.181.506.113.

Ia menambahkan program Donasi Konsumen Alfamart telah mendapatkan legalitas izin resmi pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Agama, dan laporan pertanggungjawabnya diberikan secara periodik.