Sekda Buka Musda LAMR Bengkalis

id Sekda Bengkalis

Sekda Buka Musda LAMR Bengkalis

Sekda Bengkalis Bustami HY memukul gong saat membuka Musda LAM Riau ke lima

Bengkalis, (Antaranews Riau) - Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Riau Bustami HY membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke lima Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di Gedung LAM Bengkalis, Rabu.

Bustami HY mengatakan, adat, ulama dan umara (pemerintah) tak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, karena adat menjadi salah satu pilar dari tungku tiga sejarangan atau yang disebut dengan tali

berpilin tiga.

“Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat yang merupakan bagian dari rumpun melayu di Kabupaten Bengkalis, adat merupakan aspek fundamental yang tumbuh dan mengakar dalam kehidupan manusia. Adat juga menjadi sumber inspirasi dan pedoman bagi masyarakat dalam bersikap dan berprilaku. Hampir di semua gerak dan perjalanan

kehidupan orang melayu, adat istiadat, corak ragam budaya selalu mewarnainya,” kata Bustami.

Dikatakan mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Bengkalis itu, keberadaan LAM Riau diharapkan untuk senantiasa mendukung Pemerintah Daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan di segala bidang, terutama dalam bidang pelestarian dan pengembangan kebudayaan melayu di Kabupaten Bengkalis.

“Semoga dengan Musda ini mampu membawa angin segar bagi perkembangan organisasi LAM Riau Kabupaten Bengkalis dan senantiasa dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” pungkasnya.

Sebagai ciri khas budaya melayu, saat tiba di Gedung LAM, Sekretaris Daerah langsung disambut dengan kompang dan diarak serta disambut dengan pencak silat. Pembukaan tersebut, ditandai dengan pemukula tetawak yang dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah Bengkalis.

Turut hadir dalam Musda LAM Riau Kabupaten Bengkalis tersebut, Ketua

Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Datuk Seri Al Azhar, Ketua LAM Riau Kabupaten Bengkalis H. Zainuddin Yusuf, Ketua Dewan Pengurus Harian LAM Riau Kabupaten Bengkalis, H. Hermizon, Sekretaris Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno, Kakan Kemenag Kabupaten Bengkalis H. Jumari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis H. Heri Indra Putra, serta sejumlah Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan pengurus LAM Riau Kecamatan se Kabupaten.