66 Personel Polres Dumai Lancarkan Operasi Zebra

id 66 personel, polres dumai, lancarkan operasi zebra

66 Personel Polres Dumai Lancarkan Operasi Zebra

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Operasi Zebra Muara Takus 2018 mulai dilancarkan Kepolisian Resort Dumai selama 14 hari hingga 12 November 2018 dengan menurunkan 66 personel untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ketertiban berlalu lintas di jalan umum, Selasa.

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan mengatakan, operasi zebra muara takus bertujuan menekan pelanggaran dan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di tengah masyarakat pengendara dan pengguna jalan umum.

"Polri juga ingin meningkatnya kepercayaan masyarakat dengan terbentuknya opini positif dan citra berlalu lintas," kata Restika membacakan amanat sebagai Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Muara Takus 2018 di Markas Polres Dumai.

Restika menambahkan, pelaksanaan operasi dengan menggelar razia di jalan umum ini akan menyasar pengemudi menggunakan telepon seluler, melawan arus, sepeda motor berboncengan lebih dari satu dan dibawah umur serta pengendara tidak memakai helm standar.

Puluhan personel gabungan Polres Dumai dari berbagai satuan ini juga akan menindak pemotor mabuk atau memakai narkotika dan obat terlarang, berkendara melebih batas kecepatan ditentukan.

"Melalui operasi ini diharap terwujudnya situasi keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas menjelang perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019," ucapnya.

Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Zebra Muara Takus 2018 melibatkan satuan sabhara, lalu lintas, intel, bagian operasi, kepolisian sektor, kepolisian air dan provost ini dihadiri perwakilan Pemkot Dumai, Wakil Ketua DPRD dan sejumlah pimpinan TNI di Dumai.

Sementara, Kepala Satlantas Polres Dumai AKP Adi Prabowo menyebutkan, sebelum dimulai operasi zebra ini, sudah digelar sosialisasi dan pemberitahuan pada masyarakat umum untuk tertib berlalu lintas dan melengkapi surat kendaraan.

Adi mengimbau seluruh masyarakat untuk tertib dan mematuhi aturan lalu lintas karena operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lints dan melengkapi surat kendaraan.

"Perlu kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalulintas untuk keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan umum lainnya, dam penindakan bukan hanya berlaku pada kendaraan roda dua, melainkan kendaraan roda empat," tutur Adi.

Diberitakan, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengimbau seluruh jajaran untuk memberi pelayanan optimal dan maksimal dalam pelaksanaan Operasi Zebra dan Lilin 2018.