Pekanbaru Diguyur Hujan Sejak Jumat Pagi

id pekanbaru diguyur, hujan sejak, jumat pagi

Pekanbaru Diguyur Hujan Sejak Jumat Pagi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kota Pekanbaru diguyur hujan yang merata di seluruh wilayah sejak Jumat pagi.

Berdasarkan pantauan di Pekanbaru, hujan turun sekitar pukul 06.00 WIB. Meski hujan tidak deras, namun durasinya cukup panjang dan hingga sekitar pulul 09.30 WIB masih berlangsung. Awan mendung juga menutupi langit sehingga cahaya matahari tampak redup.

Kondisi ini sudah berlangsung selama dua hari terakhir karena Riau sudah memasuki musim hujan.

"Bulan Oktober Riau sudah memasuki musim hujan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Marzuki.

BMKG menyatakan pada pagi hari ada potensi hujan ringan dan bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuansing, Kampar, Pelalawan, Siak, Inhu dan Kota Pekanbaru.

Kemudian pada siang hari terdapat potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang. Wilayah yang mengalaminya berada di sebagian wilayah Rohil, Kampar, Kuansing, Inhu, Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Inhil dan Pelalawan.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi pada malam hari. Potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuansing, Inhu, Siak dan Bengkalis.

Sedangkan pada dini hari, cuaca diprakirkan berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuansing.

Suhu udara pada Jumat ini berkisar 23 hingga 31 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 60 sampai 98 persen.

Sementara itu, satelit tidak mendeteksi adanya titik panas (hotspot) di Riau, yang menjadi tanda daerah itu relatif aman dari kebakaran hutan dan lahan.

Titik panas di Sumatera ada 25 titik, yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan ada 15 titik, Lampung sembilan titik dan Bengkulu satu titik.