Pemkot Dumai Akan Dirikan Pasar Kaget

id pemkot dumai, akan dirikan, pasar kaget

Dumai, 28/7 (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai, Riau, melalui Kantor Pelayanan Pasar berencana mendirikan pasar khusus atau yang disebut dengan pasar kaget dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1431 Hijriah.

"Pasar ini diharapkan dapat lebih menertibkan masyarakat dalam mendirikan lapak para pedagang yang ingin mengais rejeki," kata Kepala Kantor Pelayanan Pasar, Suwandi, kepada ANTARA di Dumai, Rabu.

Dikatakan dia, lokasi pasar kaget rencananya akan didirikan di 9 titik yang terpencar di enam kecamatan se-Kota Dumai.

"Di setiap kecamatan akan ditunjuk satu tempat. Sementara untuk Kecamatan Dumai Timur dan Dumai Barat, akan didirikan dua tempat menimbang dua kecamatan ini berada di pusat kota," kata dia.

Ketentuannya dalam pembukaan pasar kaget ini, dikatakan Suwandi, setiap pengelolah harus menjaga kebersihan dan ketertiban aktivitas pasar serta tidak menghambat arus lalulintas.

"Kegiatan pasar kaget ini akan dimulai pada 1 hari menjelang masuknya bulan puasa dan akan dijaga ketertibannya secara bersama antara pengelola dengan sejumlah petugas dari instansi terkait," terangnya.

Pada pendirian pasar kaget itu, terang Suwandi, Dinas Pasar hanya dibenarkan mengambil kutipan retribusi kepada pedagang pasar kaget sebesar Rp1.000 perhari. Sedangkan pengelola pasar boleh mengutip kepada pedagang asal masih dalam kewajaran.

Untuk kelancaran dan keamanan di pasar kaget, pihaknya melibatkan sejumlah instansi, seperti Satuan Polisi Pamong Praja, Satlantas Polresta Dumai, Dinas Perhubungan Dumai, Dinas Tatakota, Kebersihan dan Pertamanan Kota Dumai.