Topan Tropis Michael Menjadi Badai di Teluk Meksiko

id topan tropis, michael menjadi, badai di, teluk meksiko

Topan Tropis Michael Menjadi Badai di Teluk Meksiko

Mexico City (Antarariau.com/Xinhua-OANA) - Kekuatan Topan Tropis Michael, yang saat ini berada di Pantai Karibia Meksiko, telah meningkat dan topan tersebut beresiko menjadi Badai Kategori 1, kata Dinas Meteorologi Nasional Meksiko (SMN) pada Senin (8/10).

Menurut SMN, pada pukul 10.00 Senin (22.00 WIB), Topan Tropis Michael berada sekitar 200 kilometer di sebelah timur tempat pelancongan Cancun di Negara Bagian Quintana Roo, dengan membawa angin berkecepatan 120 sampai 150 kilometer per jam.

Pemerintah Quintana Roo meliburkan sekolah di sepanjang pantai negara bagian tersebut pada Senin, sementara SMN telah memperingatkan bahwa Topan Tropis Michael juga mungkin menggerakkan topan lain di Negara Bagian Yucatan serta Campeche --yang bertetangga.

Angkatan Laut Meksiko telah mengaktifkan rencana di tiga negara bagian di Meksiko Tenggara, tempat personel militer siap membantu pengungsian yang mungkin harus dilakukan sebelum hujan lebat turun, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.

Di Kuba, pemerintah mengumumkan pada Senin pagi peringatan badai di Provinsi Pinar del Rio dan Isla de la Juventud di bagian barat negeri itu.

Peringatan badai juga dikeluarkan untuk daerah di bagian barat, termasuk Artemisa, Mayabeque dan Ibu Kota Kuba, Havana --tempat hujan lebat dan topan kuat lokal diperkirakan melanda.

"Dengan memperhitungkan perkembangan cepat peristiwa cuaca ini dan dampaknya pada negara kita ... Fase Informasi ditetapkan," kata Lembaga Pertahanan Sipil Nasional Kuba.

Lembaga itu juga mengumumkan peringatan buat beberapa daerah di Kuba Tengah, dan menyatakan banjir mungkin terjadi.

Menurut SMN, kekuatan Topan Michael akan mencapai Kategori 2 pada Senin malam, dengan kecepatan angin antara 178 sampai 208 kilometer per jam sampai Selasa pagi, ketika topan tersebut diperkirakan berada di Teluk Meksiko.

Topan Tropis Michael kemudian terus bergerak ke arah Amerika Serikat tapi kekuatannya berkurang saat topan itu bergerak, dan diperkirakan mencapai Florida sebagai topan tropis, kata SMN.