Pelni Siapkan Enam Kapal Kemanusiaan ke Palu

id pelni siapkan, enam kapal, kemanusiaan ke palu

Pelni Siapkan Enam Kapal Kemanusiaan ke Palu

Sumber : Antaranews

Jakarta (Antarariau.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan enam kapal bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Ridwan Mandaliko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan ada lima titik pelabuhan pengiriman meliputi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta; Tanjung Perak, Surabaya; Soekarno Hatta, Makasar; Pelabuhan Nusantara Pare-pare dan Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

"Sedangkan enam kapal yang disiapkan meliputi KM Dobonsolo, KM Lambelu, Labobar, Binaiya, Egon dan satu kapal Tol Laut KM Lognus 1," katanya.

KM Dobonsolo, KM Lambelu, KM Labobar merupakan kapal Pelni tipe 2.000 dan 3.000 penumpang dapat mengangkut orang, barang dan kontainer dalam jumlah terbatas.

KM Binaiya merupakan kapal tipe 1.000 dapat mengangkut penumpang dan barang. KM Egon merupakan kapal Roro, dapat mengangkut alat berat, kendaraan, sepeda motor, dan orang.

KM Lognus 1 merupakan kapal barang kontainer berkapasitas 350 TEUs.

Pemberangkatan dari Tanjung Priok, Jakarta ada satu kapal, berangkat pada Selasa (2/10) pukul 08.00 WIB, dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ada tiga kapal, KM. Lognus 1 akan berangkat tanggal 5 Oktober jam 08.00 WIB, tiba di Pantoloan tanggal (8/10) pukul 12.00.

Untuk KM Lognus 1 barang bantuan harus dimasukkan kedalam kontainer. KM. Egon berangkat Minggu (7/10) pukul 17.00 dan KM. Labobar berangkat Rabu (10/10) pukul 15.00.

Dari Pelabuhan Sokerno Hatta, Makasar KM. Bukit Siguntang telah berangkat Minggu (30/9) pukul 23.00 dengan membawa bantuan dari beberapa BUMN, termasuk bantuan Pelni Peduli Gempa Palu.