23 Siswa Mengenal Nusantara Asal Maluku Diberi Motivasi Oleh Dirut PGN

id 23 siswa, mengenal nusantara, asal maluku, diberi motivasi, oleh dirut pgn

23 Siswa Mengenal Nusantara Asal Maluku Diberi Motivasi Oleh Dirut PGN

Ilustrasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Jobi Triananda Hasjim memotivasi 23 Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku yang datang ke Riau.

"Saya mencoba mengajarkan kepada anak-anak jika mereka menghidupkan lampu maka akan terang, kalau mati gelap, jadi filosofinya hidup adalah pilihan, mau jadi terang atau mati (di dalam gelap)," kata Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Jobi Triananda Hasjim usai memberikan arahan kepada 23 SMN asal Maluku di Pekanbaru, Jumat.

Dirut PGN dalam arahan khususnya kepada 23 siswa asal Maluku bertempat di ruangan Kantor PLN Wilayah Riau-Kepri, mengajak bermain lampu penerang yang dinyalakan dari handphone milik masing-masing.

Dalam posisi lampu ruangan pertemuan dimatikan, siswa diminta menyalakan penerang handphone mereka.

Jobi Triananda Hasjim menjelaskan dengan menjadi terang mereka akan terlihat, dan melihat artinya bermanfaat bagi lingkungan, keluarga. Yang utama kalau bersatu dalam terang bisa membangun bangsa.

Karena itu, Jobi berharap SMN menjadi generasi lebih baik dari yang srkarang. "Ini tanggung jawab generasi sekarang, bagaimana setelah kami muncul penerus yang mempunyai kualitas lebih baik," ujarnya.

Menurut dia, generasi muda perlu dibentuk karena zaman semakin berjalan, kehidupan kian sulit, tantangan makin besar.

"Kami tidak mau anak-anak tumbuh menjadi manja, dan tergantung dengan pihak lain," imbuhnya.

Ditanyai kesan bertemu 23 siswa Maluku, ia mengakui mereka luar biasa. Siswa pilihan dan semua anak Indonesia manusia luar biasa.

"Terlihat cahaya terang dari mata-mata mereka," akunya

Ia mengharapkan, generasi kedepan harus lebih kuat, gesit dan siap menghadapi tantangan,

Tinggal bagaimana memberikan ruang, kesempatan dan menyiapkan mereka mampu menghadapi tantangan lebih baik ke depan.

"Jangan lupa mereka generasi milenial yang lahir setelah kemerdekaan," pungkasnya .

Sementara itu salah satu peserta SMN asal Maluku, Melki, SMKN 1 Dobok, Kabupaten Kepulaun Aru mengaku senang dan bahagia karena mendapat pengalaman pertama di Riau.

"Saya bisa belajar keberagaman Riau, budaya," ujar siswa yang bercita-cita jadi kapten kapal itu.

Melki berjanji, akan menceritakan semua pengalamannya kepada teman di Maluku.

Perlu diketahui untuk mendorong peran serta di masyarakat, tahun ini Kementerian BUMN menggulirkan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Menteri BUMN , Rini Soemarno meminta seluruh BUMN di bawah naungannya, untuk dapat melakukan kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat sehingga bisa dirasakan manfaatnya.

Setidaknya ada enam kegiatan yang sudah maupun akan dilakukan PGN untuk menjalankan program BHUN tahun ini, yakni Siswa Mengenal Nusantara (SMN), kegiatan pertukaran pelajar yang melibatkan 23 pelajar Riau dan 23 Maluku.