20 Sekolah Di Rokan hilir Terima Penghargaan Adiwiyata

id 20 sekolah, di rokan, hilir terima, penghargaan adiwiyata

20 Sekolah Di Rokan hilir Terima Penghargaan Adiwiyata

Antara Foto

Oleh Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Sebanyak 20 sekolah di Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau menerima penghargaan adiwiyata tingkat kabupaten sebagai bentuk partisipasi dunia pendidikan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

"Terima kasih banyak kepada kepala sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga sekolah menengah Atas (SMA) sederajat yang telah memberikan tunjuk ajar yang baik bagaimana kita berkehidupan lingkungan yang bagus dan asri, dan itu sudah dibuktikan dilapangan," ujar Bupati Rohil Suyatno usai menyerahkan penghargaan adiwiyata tingkat kabupaten di Bagansiapiapi, Rohil, Senin.

Penghargaan juga diberikan kepada tokoh pembina adiwiyata Rohil dan perusahaan yang telah peduli terhadap lingkungan, khususnya sekolah adiwiyata dan program kampung iklim. Penghargaan yang diberikan berupa sertifikat, trofi dan hadiah.

"Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang peduli dengan lingkungan sekolah. Ini suatu prestasi yang saya pikir untuk di Riau, Rohil termasuk menjadi sorotan daripada pihak provinsi maupun nasional. Jadi saya harapkan supaya dipertahankan dan ditingkatkan," harap Suyatno.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil Suwandi mengatakan, khusus program adiwiyata yang telah dimulai sejak 2014 sampai 2018, dimana Rohil telah memiliki 63 sekolah adiwiyata disemua tingkatan. Mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajat yang terdiri dari delapan sekolah adiwiyata nasional, 26 sekolah adiwiyata provinsi dan 29 sekolah adiwiyata kabupaten.

Pada tahun ini, kata dia, pihaknya juga telah menerima dan menilai sebanyak 20 sekolah adiwiyata kabupaten. Sedangkan untuk provinsi juga telah mengusulkan lima sekolah adiwiyata dan telah selesai dinilai oleh tim provinsi beberapa bulan yang lalu.

"Insya Allah pada Agustus ini kita akan mengusulkan sekolah adiwiyata tingkat nasional. Kita mempunyai 26 sekolah yang bisa kita usulkan menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional," ujar Suwandi.

20 sekolah yang menerima penghargaan adiwiyata tingkat kabupaten Rohil itu yakni MAN 1 Rohil, SMPN 3 Bangko, SMPN 4 Bangko, SDN 006 Raja Bejamu, SDN 007 Serusa Mati, SDN 12 Tanjung Medan, SDN 006 Bagan Barat, SMAN 3 Bangko Pusako, SDN 001 Bagan Kota.

Kemudian, MTs Darul Taqwa Sekeladi, SDN 017 Bagan Punak Meranti, SDN 028 Serusa, SDN 003 Bagan Hulu, SMKN 1 Bangko, MTs Nurul Fikri Bangko Pusako, SDN 014 Pematang Sikek, SDN 011 Parit Aman, SDN 005 Teluk Nayang, SMPN 5 Rimba Melintang, dan SDN 028 Suak Temenggung Pekaitan. (adv)