Ratusan Kios Dagang Pasar Bawah Pekanbaru Banjir, Damkar Sedot Airnya

id ratusan kios, dagang pasar, bawah pekanbaru, banjir damkar, sedot airnya

Ratusan Kios Dagang Pasar Bawah Pekanbaru Banjir, Damkar Sedot Airnya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ratusan pedagang Pasar Bawah Kota Pekanbaru yang berada di bagian lantai dasar atau "basement" terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur ibu kota Provinsi Riau tersebut, Minggu hari ini.

Tampak ratusan pedagang yang kesehariannya menjajakan beragam makanan ringan tradisional serta beragam jenis kain perca mengevakuasi barang dagangan ke tempat lebih tinggi.

Ujang, salah seorang pedagang mengatakan air mulai masuk ke bagian dasar "basement" gedung Pasar Bawah yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Ujung Pekanbaru itu sejak pukul 04.00 WIB.

Pantauan Antara, banjir tersebut cukup tinggi hingga mencapai sepinggang pria dewasa. Menurut Ujang, kejadian banjir di bagian lantai paling bawah pasar wisata di Pekanbaru itu baru pertama kali terjadi sepanjang 2018 ini.

Dia menduga, saluran drainase yang tidak baik di gedung tersebut menyebabkan air hujan tidak mengalir dengan baik hingga justru masuk ke dalam lantai dasar gedung.

"Tahun lalu juga pernah, tapi kemudian diperbaiki drainasenya dan tidak terjadi lagi kalau musim hujan. Sekarang kembali lagi terjadi," ujarnya.

Hingga siang ini, sejumlah personel tim Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru berupaya menyedot air dari lantai dasar tersebut. Dua unit mesin penyedot air hingga siang masih berusaha mengeluaran genangan air.

Sementara pedagang terlihat telah mengevakuasi seluruh barang dagangan ke tempat lebih tinggi, termasuk emperan toko-toko di sekitar Pasar Bawah.

Pasar Bawah merupakan salah satu tujuan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pekanbaru. Pasar itu menyediakan beragam barang dagangan dengan harga terjangkau, mulai dari makanan, aksesoris, beragam jenis pakaian dan baju serta lainnya.

Namun, masalah banjir kerap terjadi di salah satu pasar tertua di Pekanbaru tersebut. Pada 2016 silam, banjir besar juga pernah terjadi hingga menyebabkan puluhan kendaraan yang parkir di lantai paling dasar terendam banjir.

***4***