Empat Kios Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

id empat kios, terbakar kerugian, capai ratusan juta

Empat Kios Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

Pekanbaru, (antarariau.com) - Sebanyak empat kios dagangan milik warga Jalan Srikandi, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau, Senin dini hari hangus terbakar hingga puing-puing bangunan saat ini telah rata dengan tanah.

Saksi mata yang tinggal di lokasi kejadian mengatakan, api ketika kejadian tampak membumbung tinggi membakar empat kios berdindingkan kayu itu. Peristiwa itu tampak sekitar pukul 01.00 WIB hingga membangunkan warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian.

"Sekitar jam 01.00 saya baru dapat kabar dari warga, api sudah membesar dan membumbung tinggi" kata Sakinar (51) pemilik salah satu kios pengetaman kayu yang turut hangus terbakar dini hari itu.

Beruntung Sakinar tidak tidur di kios tersebut hingga berhasil selamat dari peristiwa yang sempat menghebohkan warga terebut.

Keempat bangunan itu masing-masing kedai penjual nasi goreng, tempat pengetaman kayu milik Sukinar, penjualan kayu balok, dan kios penjual bahan bangunan.

Saksi mata lainnya mengatakan, api ketika itu cepat merambat karena bahan yang terbakar banyak dari kumpulan kayu kering dari salah satu gudang yang menjual kayu balok.

Tidak ada yang tahu penyebab kebakaran dikarenakan warga mengetahui kejadian api sudah membesar secara tiba-tiba.

"Kami tidak tahu darimana asal api, karena saat datang api sudah besar," kata Jusmin, warga sekitar.

Saat kejadian, kata Jusmin, ptugas pemadam kebakaran sempat datang meskipun terlambat.

"Dini hari itu, petugas kebakaran datang sekitar pukul 01:20, namun upaya petugas pemadam kebakaran untuk mematikan api sudah kalah dengan api yang terus membesar," katanya.

Dari kebakaran keempat kios tersebut, demikian saksi mata, tidak ada korban jiwa, namun sempat ada satu penjaga kios yang tidur di dalam kios hampir menjadi korban.

"Ada satu yang menjaga yang tidur di salah satu kios, untungnya sudah dibangunkan, kalau tidak kemungkinan dia juga ikut hangus" kata Sudirman pemilik kios penjual bahan bangunan yang terbakar.

Data Dinas Pemadam Kebakaran Pekanbaru menyebutkan, kerugian akibat peristika kebakaran itu diperkirakan mencapai lebih dari Rp300 juta. ****Oleh : Joko Prasetyo (Mahasiswa UIN Suska Riau)****