Pemkab Kuansing Butuh Puluhan Guru, 600 Tenaga Penjaga dan Kebersihan Sekolah

id pemkab kuansing, butuh puluhan, guru 600, tenaga penjaga, dan kebersihan sekolah

Pemkab Kuansing Butuh Puluhan Guru, 600 Tenaga Penjaga dan Kebersihan Sekolah

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau membutuhkan sedikitnya 600 tenaga penjaga dan petugas kebersihan dan puluhan guru sekolah sebagai tenaga kerja untuk menunjang sekolah unggul dengan tingkat kinerja yang lebih baik.

" Kami lakukan pendataan semua sekolah ternyata sangat membutuhkan tenaga tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kuantan Singingi Jupirman di Teluk Kuantan, Rabu.

Kepala Dinas mengatakan, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) membutuhkan tenaga tersebut, semua wilayah kecamatan masih kekurangan, sehingga dipandang penting untuk menerima pegawai untuk posisi itu.

Pemerintah Daerah (Pemda) harus menerima tanaga kebersihan maupun petugas penjaga sekolah baik sebagai honorer maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga manajemen disekolah berjalan lancar dan tujuan pendidikan terwujud, selain peningkatan sarana maupun prasarana.

" Jika memang memungkinkan lowongan untuk itu dibuka tahun 2018," sebutnya.

Kepala Bidang SD, SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing Masrul Hakim mengatakan, mereka telah mengusulkan penerimaan untuk ditempatkan di 236 buah SD/MI dan 75 unit SMP/MTs dengan masing - masing du oranga pegawai, hingga total tenaga kerja diatas 600 orang.

" Mudah - mudahan diakomodir oleh Bupati," ujarnya.

Menurutnya, pengangkatan Penjaga Sekolah (PJ) dan Petugas Kebersihan (PK) tersebut, sudah menjadi kebutuhan, karena hanya baru beberapa sekolah yang sudah ada, jika terpenuhi sesuai target itu maka semua akan berjalan baik.

Namun hingga saat ini masih perlu data dari UPTD untuk mensingkronkan kebutuhan itu, sementara untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar (Guru) diperkirakan mash dibutuhkan sebanyak 10 orang setiap sekolah.

" Ini juga peluang untuk membantu masyarakat," ucapnya.

Selain itu, ujarnya menambahkan, Tenaga Pengajar perlu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pemerintah harus ada program tersebut secara berkelanjutan. ***4***