Polda Riau Fokuskan Kamtibmas-Karhutla Jelang Asian Games

id polda, riau fokuskan, kamtibmas-karhutla jelang, asian games

 Polda Riau Fokuskan Kamtibmas-Karhutla Jelang Asian Games

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Riau menyatakan fokus menjaga keamanan ketertiban masyarakat termasuk ancaman gerakan radikalisme dan terorisme serta kebakaran hutan dan lahan jelang pagelaran olahraga terbesar Asia, Asian Games 2018.

"Polda Riau dengan segala kekuatan mendukung pelaksanaan Asian Games terutama Kamtibmas dan Karhutla," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta penanggulangan tindak terorisme, Polda Riau dan jajaran lebih mengedepankan pada upaya pencegahan dini.

Menurut Sunarto, langkah pendekatan kepada masyarakat dengan cara sosialisasi pencegahan gerakan radikalisme terus intensif dilakukan oleh seluruh personel, terutama Bhabinkamtibmas.

Langkah itu dinilai efesien dibanding melakukan penanggulangan setelah aksi terorisme terjadi.

Sejauh ini, Sunarto memastikan jika situasi Kamtibmas di Provinsi Riau sangat aman dan kondusif menjelang gelaran olahraga multi even tersebut.

Sementara itu, khusus untuk Karhutla, ia mengatakan merupakan atensi utama Polda Riau menjelang Asian Games yang diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Sunarto mengatakan sesuai instruksi dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Polda Riau diminta untuk terus siaga dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

"Tentu kita tidak bisa sendiri. Kita berkoordinasi dengan seluruh pihak, termasuk masyarakat," ujarnya.