Pantai Puak Dumai Diresmikan sebagai Kawasan Wisata Berbasis Budaya Melayu

id pantai puak, dumai diresmikan, sebagai kawasan, wisata berbasis, budaya melayu

Pantai Puak Dumai Diresmikan sebagai Kawasan Wisata Berbasis Budaya Melayu

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai Provinsi Riau Zulkifli As meresmikan objek wisata Pantai Puak di Kelurahan Teluk Makmur sebagai kawasan wisata berbasis budaya melayu untuk mendukung kemajuan sektor kepariwisataan daerah.

"Ditetapkan jadi kawasan wisata berbasis budaya melayu ini kita harap dapat makin dikembangkan dan jadi objek wisata unggulan dumai dengan kunjungan meningkat," kata wali kota, Jumat.

Pantai Puak terus disiapkan Pemerintah Dumai sebagai destinasi wisata unggulan untuk kunjungan wisatawan, baik lokal maupun luar daerah, dan pada momen Lebaran 2018 lalu tercatat 42 ribu orang datang.

Kawasan wisata di Kecamatan Medang Kampai ini nantinya akan disulap lebih menarik agar makin diminati masyarakat karena bernuansa melayu dan memajukan pertumbuhan ekonomi lokal.

Ramainya kunjungan wisata di Pantai Puak saat libur Idul Fitri 1439 Hijriah pada Juni 2018 lalu jadi bukti ada potensi bagus di sektor kepariwisataan Dumai karena masyarakat ingin adanya tempat hiburan keluarga.

Pantai dikelola dinas pariwisata dengan masyarakat lokal ini direncanakan juga ada wisata religius mendirikan masjid terapung dan agro bisnis promosi hasil pertanian dan kerajinan produk tempatan.

Sementara, Komisi I DPRD Dumai Edison menyambut positif peresmian kawasan wisata Pantai Puak Teluk Makmur dan menilai ini langkah awal untuk pengembangan wisata melayu sesuai adat istiadat daerah.

Keberadaan lahan kosong di areal Pantai Puak ini bisa dimanfaatkan dengan terobosan wisata agro bisnis dengan penyediaan lahan pertanian buah buahan dan sayuran untuk dinikmati pengunjung.

"Kita dukung program kepariwisataan dan lembaga akan terus mendukung anggaran, dan kawasan ini juga mendapat dana alokasi khusus untuk pengembangan wisatanya," sebut Edison.

Kepala Dinas Pariwisata Dumai Fauzi Efrizal menyebutkan, pantai puak satu objek wisata sudah ditetapkan jadi kawasan wisata unggulan dikembangkan untuk pilihan masyarakat.

Objek wisata Pantai Puak ditargetkan menambah PAD Kota Dumai Rp30 juta setahun dari retribusi parkir dan pas masuk, dan tahun 2018 ini mendapat bantuan dana alokasi khusus sebesar Rp1,1 miliar untuk pengembangan.

"Kunjungan masyarakat semakin ramai, dan dan potensi objek wisata ini kedepan akan kita tingkatkan dengan dukungan pendanaan pemerintah pusat," katanya. **