Kampung Bahari Nusantara di Meranti diresmikan

id Kampung Nusantara Bahari,KBN TNI AL ,Plt Bupati Meranti ,Danlanal Dumai

Kampung Bahari Nusantara di Meranti diresmikan

Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar (kanan) bersama Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lakahena (kiri) dan didampingi beberapa pihak lainnya meresmikan pembangunan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Kepulauan Meranti binaan TNI AL di Desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Senin. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, Asmar bersama DanlanalDumai Kolonel Laut (P) Stanley Lakahena, meresmikan pembangunan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Kepulauan Meranti binaan TNI AL di Desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Senin.

Peresmian terhadap 68 program KBN yang ada di bawah naungan TNI AL yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia tersebut dipimpin secara serentak oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual langsung dari Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Dalam kesempatan itu, Wapres berdialog melalui konferensi video dengan perwakilan Program KBN di berbagai daerah. Kegiatan peresmian ini mengangkat tema "Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera”.

Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar sangat mengapresiasi program Kampung Bahari Nusantara binaan TNI AL melalui Lanal Dumai dan Pos TNI AL Selatpanjang.

Ia menyebutkan, hal ini merupakan terobosan penting dalam pembangunan khususnya kawasan pesisir. Karena potensi kelautan yang besar akan memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat setempat.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan kepada jajaran pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk bisa memberikan dukungan terhadap program tersebut agar semakin berkembang.

"Saya instruksikan kepada perangkat daerah yang bersentuhan langsung dengan program ini, terutama Pemcam Tebingtinggi Barat maupun Pemdes Alai agar memberi dukungan terhadap kelancaran dan pengembangan program ini", ujar Asmar.

Sementara, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lakahena, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas terlaksananya program Kampung Bahari Nusantara di Desa Alai. Ia berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah pesisir khususnya Kepulauan Meranti.

"Harapan kami dengan adanya Kampung Bahari Nusantara di Desa Alai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan mengembangkan program ini agar manfaatnya dapat kita rasakan sepenuhnya," tutur Stanley.

Untuk diketahui, Kampung Bahari Nusantara merupakan program TNI AL untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi dan pertahanan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Robet, sejumlah kepala OPD, Ketua TP PKK Meranti Ismiatun Asmar, Plt Camat Tebingtinggi Barat Rinaldi, Danpos AL Selatpanjang Letda Laut Justin, Danramil Tebingtinggi Capt(Arh)Isnanu, sejumlah pimpinan instansi vertikal, dan kades di wilayah Tebingtinggi Barat.