Jumlah Pencari Kerja Pekanbaru Meningkat

id jumlah, pencari kerja, pekanbaru meningkat

 Jumlah Pencari Kerja Pekanbaru Meningkat

Sumber : Antaranews

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru mencatat adanya peningkatan jumlah pencari kerja pada periode Januari hingga Mei 2018 sebesar 50 persen jika di bandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

"Memang jumlah pencari kerja kita terus meningkat dari tahun ke tahun," ucap Kepala Disnaker Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Penempatan Kerja Abdul Rahim, di Pekanbaru, Selasa.

Abdul Rahim menjelaskan bahwa menurut data yang dimiliki pihaknya, jumlah pencari kerja di tahun 2018 hingga bulan Mei mencapai 3483 orang dengan pembagian 1.876 orang pria dan 1.607 wanita. Jumlah tersebut didominasi oleh lulusan SLTA dengan total mencapai 1999 orang. Angka tersebut dikatakan Abdul Rahim cukup menonjol lantaran lulusan sekolah lain seperti SD hanya 11 orang, SLTP berjmlah 39 orang, D3/ Akademi sebanyak 178 orang disusul S1 berjumlah 1.235 orang dan S2 sebanyak 16 orang.

Sedangkan untuk tahun 2017 pada periode hingga bulan Mei, pihak Disnaker mencatat terdapat 1.967 orang pencari kerja di Pekanbaru. kendati tidak menjelaskan lebih jauh soal jumlah pencaker, namun ia menilai bahwa tingginya jumlah pencaker di 2018 ditakutkan akan menambah daftar panjang jumlah pengangguran di Kota Pekanbaru.

"Kita terus berupaya agar berbagai lowongan di berbagai perusahaan terus tersedia," imbuhnya.

Namun sayangnya angka jumlah pencaker tersebut tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang tersedia saat ini. Abdul Rahim menjelaskan bahwa saat ini terdapat 1273 lowongan yang tersedia bagi para pencaker tersebut. Dimana untuk beberapa lulusan SD dan SLTP bahkan tidak tersedia satu lowongan pun. Sedangkan untuk lulusan SLTA dengan total pencaker mencapai 1999 orang hanya tersedia sekitar 720 lowongan dengan pembagian 433 lowongan untuk pria dan 287 lowongan untuk wanita.

Terkait hal tersebut, Abdul Rahim mengaku bahwa pihak Disnaker sendiri telah berulang kali menyurati berbagai perusahaan yang ada di Pekanbaru untuk membuka formasi lowongan baru yang nantinya akan dipertemukan pada ajang Job vair. Salah satunya ialah pada ajang Job Vair yang dilaksanakan di kampus PCR beberapa waktu lalu.

"Itu yang di PCR adalah salah satu upaya pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat," ucapnya.

Kendati masih terdapat berbaai kekurangan dalam pelaksanaan tersebut, namun ia mengaku bahwa pihak Pemko terus mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat. Setidaknya dalam berbagai kegiatan Job vair tersebut pihak perusahaan yang ikut serta diharapkan tidak memasang persyaratan yang dinilai memberatkan para calon pelamar.

"Disesuaikan lah dengan para pelamar. Passing grade-nya jangan yang tinggi-tinggi," pungkasnya.

Oleh Retmon Bensal Putra

Pewarta :
Editor: Antara
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar