Arus Mudik - Ribuan Warga Riau Antusias Mudik Bareng Pelindo1

id arus, mudik -, ribuan warga, riau antusias, mudik bareng pelindo1

 Arus Mudik - Ribuan Warga Riau Antusias Mudik Bareng Pelindo1

Pekanbaru (Antarariau.com) - Ribuan warga Provinsi Riau antusias mengikuti program "Mudik Gratis Bareng Pelindo 1" karena dinilai memberikan kemudahan untuk pulang kampung pada perayaan Idul Fitri 1439 H.

Wajah-wajah gembira terlihat jelas terpancar dari warga pada saat pelepasan angkutan mudik di halaman Kantor Gubernur Riau, di Kota Pekanbaru, Senin. Hadir dalam acara itu Direktur SDM & Umum PT Pelindo 1, M. Hamied Wijaya dan Kepala Dinas Perhubungan Riau, M. Taufik yang mewakili Pemprov Riau.

"Kita lihat infonya dari media sosial, ada mudik gratis Pelindo 1 ke Medan. Karena itu, saya langsung ajak kawan-kawan untuk mudik bareng-bareng," kata Endamoia, mahasiswa yang mudik bersama sembilan temannya.

Sementara itu, Dewi yang juga pemudik, mengatakan Pelindo 1 memberikan pelayanan yang bagus dan syarat yang mudah kepada warga untuk ikut program mudik bareng. Warga cukup mendaftarkan diri membawa identitas diri dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Pelindo 1 kemudian menyediakan bus pariwisata dengan fasilitas AC, kaos, dan makanan untuk pemudik. Ia mengatakan baru pertama kali ikut program itu dan merasa telah membuat keluarganya hemat sekitar Rp1 juta untuk biaya transportasi ke Medan, Provinsi Sumatera Utara.

"Kami ada empat keluarga yang ikut mudik bersama Pelindo 1. Total ada 12 orang. Itu sudah hemat banyak sekali, karena satu orang biasanya harus bayar bus ke Medan sekitar Rp240 ribu per orang, belum lagi biaya makan diperjalanan," ujarnya.

Direktur SDM & Umum PT Pelindo 1, M. Hamied Wijaya, mengatakan Pelindo 1 total memberangkatkan 1.290 orang pemudik pada tahun ini. Dari Kota Pekanbaru ada tujuh armada bus menuju Kota Medan dan Padang. Selain itu, Pelindo 1 juga menyediakan lima bus yang diberangkatkan dari Kantor Camat Kandis menuju Kota Medan, delapan bus diberangkatkan dari Kantor Camat Tualang, Perawang menuju Kota Medan dan Batam.

"Dari tiga lokasi ini peserta mudik gratis yang diberangkatkan berjumlah 860 orang. Sementara itu, 10 bus diberangkatkan dari Kantor Pelindo 1 Cabang Dumai menuju Kota Medan dengan jumlah peserta 430 orang, sehingga jumlah total peserta mudik gratis di Provinsi Riau ini adalah sejumlah 1.290 orang," katanya.

M. Hamied Wijaya menjelaskan bahwa pada hari Senin, 11 Juni 2018 ini merupakan puncak keberangkatan moda transportasi yang digunakan pada Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 secara serentak di beberapa kota baik melalui jalur laut maupun darat.

"Pelindo 1 telah memberangkatkan sekitar 4.750 orang untuk merayakan Idul Fitri 1439 H di kampung halamannya dengan menyediakan 45 armada bus dan 12 kapal laut dengan 11 rute mudik. Pelindo 1 mendukung program BUMN untuk menyediakan program mudik yang aman dan nyaman serta memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan riau, M. Taufik Oesman Hamid, mengatakan seluruh armada bus yang digunakan mudik bersama Pelindo 1 sudah lolos tes kelayakan jalan. Ia mengaku sangat mengapresiasi kegiatan itu, dan berharap agar pemudik bisa selamat sampai ke kampung halaman.

"Mudik bersama ini bisa mengurangi kepadatan kendaraan saat mudik, serta meminimalisasi kecelakaan karena bus dan supir sudah lulus tes layak jalan," katanya.

Program Mudik Gratis ini melayani 11 rute mudik, untuk via laut meliputi Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Tanjung Balai Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Tanjung Samak; Pelabuhan Kijang menuju Pulau Tujuh (Anambas, Tarempa, Midai, Natuna), dan Pelabuhan Batu Ampar Belawan menuju Pelabuhan Belawan Medan.

Sedangkan rute mudik melalui jalur darat di antaranya: Pekanbaru Medan, Pekanbaru Padang, Kandis Medan, Perawang Padang, Perawang Medan, Dumai Medan, Medan Aceh, Medan Tapanuli Selatan, serta Medan Tapanuli Tengah.

Pelepasan Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 juga dilaksanakan di Pelabuhan Batu Ampar, Batam dengan memberangkatkan Kapal Kelud menuju Pelabuhan Belawan, Medan yang membawa 2.000 pemudik pada Sabtu, 9 Juni 2018 dan Senin, 11 Juni 2018. Untuk memudahkan para pemudik yang akan melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya, Pelindo 1 juga menyediakan 15 armada bus di Kota Medan untuk rute perjalanan menuju Aceh, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Tengah yang berangkat pada Minggu, 10 Januari 2018 dan Selasa, 12 Juni 2018 dari Pelabuhan Belawan.

***1***

(T.F012)