Disdik Rohil Klaim Sudah Bayarkan Hak Seluruh Guru Sebelum Lebaran

id disdik rohil, klaim sudah, bayarkan hak, seluruh guru, sebelum lebaran

Disdik Rohil Klaim Sudah Bayarkan Hak Seluruh Guru Sebelum Lebaran

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemkab Rokan Hilir, Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat menyatakan bahwa semua hak para guru di daerah itu sudah disalurkan sebelum Lebaran.

"Kita sudah melunasi seluruh hak para guru negeri, honorer, dan swasta se Rokan Hilir," ujar Kepala Disdikbud Rokan Hilir Muhammad Rusli Syarief di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Minggu.

Ia menjelaskan, hak para guru yang sudah dibayarkan oleh Pemkab Rokan Hilir tersebut terdiri dari gaji dan tunjangan, serta dana sertifikasi guru, gaji guru honor, jasa transportasi bagi para guru honor sekolah swasta yang ada dilingkungan Kementerian Agama atau Kemenag, yakni sekolah Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) dan Raudatul Athfal (RA), yang jumlahnya lebih kurang 5.406 orang dengan besaran Rp200.000 per bulan bagi setiap guru swasta yang telah menandatangani kontrak serta mengantongi SK Bupati.

"Khusus guru di bawah Kementerian Agama itu disalurkan melalui Kemenag Rokan Hilir. Sementara gaji guru negeri dan gaji guru honorer sekolah negeri disalurkan melalui masing-masing koordinator wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan se Rokan Hilir," jelas Rusli.

Adapun dana yang diserahkan kepada Kemenag Rokan Hilir sebesar Rp3,351 miliar untuk pembayaran uang transportasi selama lima bulan, terhitung dari bulan Januari hingga Mei 2018.

Sedangkan 3000 orang guru pegawai negeri sipil lainnya, terang Rusli juga sudah dibayarkan gajinya untuk bulan Mei 2018, karena gaji per bulan para guru negeri sebelumnya sudah dibayarkan.

"Selain gaji, guru pegawai negeri juga sudah menerima pembayaran uang sertifikasi guru, tunjangan daerah, tunjangan penghasilan, tunjangan hari raya dan tunjangan daerah terpencil," sebut dia.

Rusli juga mengimbau kepada seluruh guru negeri dan swasta yang ada di daerah itu, agar datang pada 27 Juni nanti ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih mereka pada Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018.

"Guru yang ada dilingkungan Disdikbud Rokan Hilir sebanyak 13.711 orang tersebar di 18 Korwil. Makanya saya mengimbau kepada semua guru agar datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya di Pilgubri nanti," imbaunya. **