Imigrasi Pekanbaru Beri Pelayanan Khusus Paspor Haji

id imigrasi pekanbaru, beri pelayanan, khusus paspor haji

Pekanbaru, 5/7 (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru memberikan pelayanan ekstra cepat untuk pembuatan paspor bagi calon jamaah haji dari Provinsi Riau dengan menyediakan loket khusus.

"Kami menyediakan loket khusus untuk pelayanan paspor bagi calon jamaah haji agar pelayanannya bisa lebih cepat," kata Kepala Kantor Imigrasi Pekanbaru Jumanter Lubis di Pekanbaru, Senin.

Kementerian Agama mulai tahun 2009 tidak lagi memberlakukan paspor khusus haji bagi para calon jamaah haji (CJH) di Indonesia. Dengan begitu, para setiap CJH kini cukup menggunakan paspor biasa untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Menurut Jumanter, pelayanan loket khusus bagi CJH mulai dibuka padal 1 Juli lalu.

Ia mengatakan pihak imigrasi telah berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau untuk pelayanan paspor tersebut.

"Kami mengusahakan agar paspor untuk jamaah haji mendapat pelayanan ekstra karena semua paspor tersebut harus segera diserahkan ke Kedutaan Arab Saudi untuk pelayanan visa," ujarnya.

Ia mengatakan seluruh pelayanan bagi paspor bagi CJH diharapkan dapat selesai seluruhnya pada 10 Agustus. Dengan pelayanan khusus tersebut, diharapkan pembuatan paspor bagi CJH bisa lebih cepat dari pelayanan paspor biasa, yang waktu pembuatannya paling lama empat hari.

"Bahkan, kalau diperlukan kami akan membuka pelayanan pembuatan paspor untuk CJH pada hari Sabtu dan Minggu," kata Jumanter.