Riau Airlines Terbangi Melaka Pagi Hari

id riau airlines, terbangi melaka, pagi hari

Riau Airlines Terbangi Melaka Pagi Hari

Pekanbaru, 4/7 (ANTARA) - Maskapai Riau Airlines mengubah waktu penerbangan rute Pekanbaru-Melaka, Malaysia pulang pergi menjadi pagi hari seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat kedua negara yang ingin melakukan perjalanan pada waku itu.

"Terhitung akhir pekan lalu kami telah mengubah waktu penerbangan reguler khusus untuk rute Pekanbaru-Melaka setiap pukul 07.00 WIB dari Pekanbaru, dan 09.20 waktu Malaysia dari Melaka," ujar Manager Komersil Riau Airlines, Rudi Arifin, di Pekanbaru, Minggu.

Riau Airlines sebelumnya melayani rute penerbangan reguler ke negeri jiran tersebut setiap pukul 20.00 WIB dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan pukul 12.30 waktu Malaysia dari Lapangan Terbang Antarabangsa Melaka.

Menurut Rudi, sebagian besar mereka yang terbang dari Pekanbaru adalah masyarakat Provinsi Riau dan sekitarnya seperti dari Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jambi yang ingin mendapatkan pelayanan medis dari sejumlah rumah sakit di Melaka.

Sedangkan penumpang yang melakukan perjalanan dari Melaka ke Pekanbaru umumnya adalah para pelaku bisnis yang memiliki unit usahanya di Riau dan provinsi tetangga serta para tenaga kerja asing yang memiliki keahlian seperti pada bidang perkebunan, pengeboran minyak dan di sektor lapangan kerja lain.

Dengan mengubah waktu penerbangan itu diharapkan mereka yang melakukan perjalanan medis atau yang juga dikenal dengan "medical tourism" dalam dunia pariwisata itu bisa lebih efektif dalam penggunaan waktu, begitu juga dengan para pelaku usaha dan ekspatriat.

"Jadi nanti mereka yang melakukan 'medical tourism' bisa langsung berobat ke sejumlah rumah sakit yang dituju di Melaka, begitu juga dengan para pebisnis yang ingin melakukan kegiatan usaha di Riau," jelasnya.

Beberapa waktu lalu Direktur Utama Riau Airlines Teguh Triyanto juga telah melakukan kesepakatan kerja sama dengan Gubernur Melaka Datuk Seri Mohamad Ali bin Mohamad Rustam Effendi seiring makin tingginya minat masyarakat negeri jiran itu melakukan perjalanan ke sejumlah kota di Pulau Sumatera.

Riau Airlines berencana membuka sejumlah rute baru dengan penerbangan langsung dari Melaka ke sejumlah kota seperti rute Melaka-Medan, Sumatera Utara dan Melaka-Padang, Sumatera Barat selain rute yang telah ada.

"Kedua rute baru internasional itu kami jadualkan dilayani mulai September 2010 menggunakan Foker 50, menyusul beroperasinya dua unit pesawat Boeing 737-500 yang kini dalam pengecatan dan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi pesawat di Jakarta," ujar Teguh.

Kedua pesawat Boeing 737-500 yang disewa satu paket dengan perawatan pesawat itu dari salah satu perusahaan "leasing" tersebut akan dioperasikan untuk melayani rute primadona yang kembali dibuka yakni Pekanbaru-Jakarta dan Pekanbaru-Medan serta sejumlah rute penerbangan domestik yang menjanjikan pendapatan bagi perusahaan.