Peringati Hari Susu Sedunia, Ratusan Siswa SD Pekanbaru Olahraga Bersama Frisian Flag

id peringati hari, susu sedunia, ratusan siswa, sd pekanbaru, olahraga bersama, frisian flag

Peringati Hari Susu Sedunia, Ratusan Siswa SD Pekanbaru Olahraga Bersama Frisian Flag

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ratusan siswa sekolah dasar di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tampak semarak memperingati hari susu sedunia (World milk day) dengan menggelar olahraga serta meminum susu bersama.

Rangkaian peringatan hari susu sedunia yang digelar di sekolah As Shofa Kota Pekanbaru tersebut diinisiasi oleh produsen susu terkemuka Frisian Flag.

"Hasil studi menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia mengalami berbagai permasalahan terkait dengan kesehatan dan gizi," kata Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia Andrew F Saputro, Selasa.

Dia menjelaskan hal tersebut berdasarkan hasil studi dari SEANUTS (South East Asian Nutrition Survey) yang diinisiasi oleh FrieslandCampina tahun 2012 terhadap lebih dari 16.000 anak usia 6 bulan-12 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia mengalami berbagai permasalahan terkait dengan kesehatan dan gizi, seperti gaya hidup kurang aktif, malnutrisi, kekurangan vitamin D serta gangguan pertumbuhan fisik atau "stunting".

Untuk itu, dia mengatakan dalam rangka menyambut perayaan Hari Susu Se-Dunia (world milk day) yang diperingati setiap 1 Juni tersebut, ia menekankan gaya hidup sehat dan aktif pada anak-anak sebagai bagian dari edukasi publik melalui kampanye "Drink, Move, Be Strong".

Program yang digelar sejak 2013 saat menjelang "world milk day" itu bertujuan untuk menyebarkan pesan tentang pentingnya kebiasaan minum susu dan rutih berolahraga bagi pertumbuhan yang optimal.

"Frisian Flag menggunakan hasil studi SEANUTS untuk terus meningkatkan edukasi tentang gaya hidup sehat dan aktif," ujarnya.

Lebih jauh, ia mengatakan Frisian Flag secara khusus turut memperbaiki fasilitas olahraga di SD As-Shofah di kota Pekanbaru berupa lapangan basket. Ia mengatakan Frisian Flag percaya bahwa gaya hidup aktif melalui olahraga rutin penting untuk ditanamkan sebagai bagian dari aktifitas sekolah.

"Kita selalu mengajak anak-anak untuk aktif bergerak dan rajin berolahraga serta rutin minum susu. Sekolah adalah tempat yang sangat penting karena anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sini. Mempunyai sarana olahraga di sekolah yang memadai sangat membantu rutinitas anak-anak berolahraga," jelasnya.

Perbaikan lapangan olahraga yang dilakukan Frisian Flag di SD As-Shofah juga diisi dengan diskusi tentang kebaikan gizi yang terkandung dalam susu, minum susu bersama, dan olahraga bersama guru dan siswa.

Rangkaian acara menyambut perayaan Hari Susu Se-Dunia 2018 oleh Frisian Flag akan dilaksanakan mulai 8 hingga 15 Mei 2018 di sejumlah kota besar lainnya. Selain Pekanbaru, kegiatan serupa digelar di Makassar, Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan Surabaya. Lebih dari 6.000 anak mendapat informasi akan pentingnya kebiasaan minum susu setiap hari dan berolahraga secara teratur.