Musim Hujan, BPBD Inhil Imbau Maayarakat Waspada Sambaran Petir dan Longsor

id musim hujan, bpbd inhil, imbau maayarakat, waspada sambaran, petir dan longsor

Musim Hujan, BPBD Inhil Imbau Maayarakat Waspada Sambaran Petir dan Longsor

Tembilahan, (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap sengatan petir pada musim penghujan seperti saat sekarang ini.

"Masyarakat harus lebih berhati-hati dengan segala bencana alam yang dapat terjadi pada musim hujan, seperti halnya petir dan longsor," ucap Kepala Pelaksana BPBD Inhil, Yuspik kepada Antara, Kamis.

Ia mengatakan, curah hujan yang lebat seringnya disertai angin kencang dan petir, untuk itulah sebaiknya masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah saat hujan lebat, terutama kepada nelayan, sebaiknya memperhatikan cuaca terlebih dahulu sebelum pergi melaut.

Ia memaparkan, fenomena hujan lebat dan petir sebelumnya disertai angin kencang dengan durasi singkat. Kondisi ini kerap terjadi pada malam hari setelah sebelumnya terasa panas terik.

Selain petir, bencana alam yang diprediksi akan terjadi saat musim hujan adalah bencana tanah longsor dan banjir. Curah hujan yang tinggi akan menyebabkan bergeraknya material tanah, sehingga mengakibatkan longsor.

Bencana tanah longsor rawan terjadi pada daerah pesisir, terutama pada pemukiman rumah masyarakat yang berada disepanjang pinggir sungai.

"Begitupula dengan banjir, namun untuk di Inhil, banjir akan tetap mengikut kondisi air karena Inhil merupakan daerah pasang surut," terang Yuspik.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak segan melaporkan jika mendapat informasi adanya kejadian bencana alam, baik melalui Camat, Kepala Desa atau langsung melapor ke posko siaga BPBD yang siap melayani laporan masyarakat 24 jam.

"Meski demikian, kita tetap berharap agar segala bentuk bencana alam yang kerap terjadi di Inhil tidak terulang kembali," harapnya.