Pembangunan 2 Fly Over, Pemko Pekanbaru Mulai Bongkar Fasilitas di Sekitarnya

id pembangunan 2, fly over, pemko pekanbaru, mulai bongkar, fasilitas di sekitarnya

Pembangunan 2 Fly Over, Pemko Pekanbaru Mulai Bongkar Fasilitas di Sekitarnya

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mulai melakukan pembongkaran sejumlah bangunan yang berada di kawasan persimpangan mall SKA dan Pasar Pagi Arengka.

"Segera diproses pembongkaran dan disiapkan relokasi," ucap Kepala Bagian Infrastruktur Pemko Pekanbaru, Azhar, Selasa.

Pembongkaran berkenaan rencana pembangunan "Fly Over" atau jalan layang yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan di dua kawasan tersebut.

Pemko Pekanbaru bahkan sudah memulai pembongkaran Senin(5/3) malam. Dalam hal ini dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membongkar pagar jalan, pohon pelindung jalan dan taman yang berada di dua kawasan tersebut.

Proses relokasi tersebut ditargetkan dapat selesai pada tanggal 8 Maret mendatang. Nantinya untuk sejumlah pohon pelindung dan pagar jalan tersebut akan dipindahkan ke lokasi lain. Sehingga pihak PT Sumber Sari Ciptamarga sebagai pemenang tender dapat memulai pembangunan jalan layang yag berada di kawasan Mall SKA tersebut.

"Ini harus segera diselesaikan. Cepat dimulai, cepat selesai," imbuhnya.

Azhar juga menjelaskan bahwa berdasarkan hasil kajian berbagai pihak terkait, jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berada di simpang Mall SKA nantinya akan dipindahkan ke Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai.

Selain itu, Monumen tugu atau patung selamat datang yang berada tepat di tengah persimpangan Mall SKA akan dipindahkan ke Terminal AKAP.

Untuk fasilitas Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), trafik lihgt, pohon lindung, dan Pagar juga akan dibongkar untuk dipindahkan ke tempat lain. Namun untuk pedagang Pasar Pagi Arengka dijelaskan Azhar bahwa pihak Pemko masih belum menentukan kemana para pedagang harian tersebut akan dipindahkan.

"Ini yang masih jadi PR kita," katanya lagi.

Rencananya dua proyek pembangunan jalan layang tersebut ditargetkan dapat selesai di 2018 ini. Pihak Pemko Pekanbaru mengaku bahwa pembangunan tersebut ditujukan untuk mengurai dan mengurangi kemacetan di dua kawasan