Sudah Bulat, SMP Madani jadi Lokasi Penyelenggaraan MTQ Pekanbaru

id sudah bulat, smp madani, jadi lokasi, penyelenggaraan mtq pekanbaru

Sudah Bulat, SMP Madani jadi Lokasi Penyelenggaraan MTQ Pekanbaru

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madani yang berada di Jalan Kasah, Tangkerang, Kecamatan Marpoyan Damai sebagai lokasi utama dalam perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-51 Kota Pekanbaru.

"Ini sudah bulat. Waktu tidak berapa lama lagi," ucap Asisten I Bidang Pemerintahan Azwan, di Pekanbaru Sabtu.

Azwan menjelaskan bahwa keputusan itu diambil berdasarkan berbagai pertimbangan terkait penyelenggaraan event tahunan tersebut. Beberapa diantaranya ialah kondisi bangunan, ketersediaan lapangan, akses jalan serta berbagai hal penunjang jalannya acara tersebut.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya pihak panitia telah menyiapkan dua opsi yang akan menjadi lokasi utama dari perhelatan tersebut. Lokasi tersebut yaitu SMP Madani Jalan Kasah dan Masjid Yayasan Tabrani, namun ia kembali menerangkan bahwa berdasarkan pertimbangan tadi akhirya SMP Madani dinyatakan sebagai lokasi utamanya.

"Setelah menerima laporan dari panitia, akhirnya diputuskan bahwa kegiatan tersebut akan berpusat di SMP Madani," katanya.

Azwan menambahkan bahwa sejauh ini persiapan yang dilakukan oleh pihak panitia telah mencapai 85 persen. Ia bahkan mengaku belum mendapat laporan soal kendala yang dialami oleh pihak panitia tersebut. Oleh sebab itu dirinya optimis bahwa MTQ ke-51 tersebut akan berjalan lancar.

Kendati demikian, Azwan menyebutkan bahwa masih terdapat beberapa hal teknis yang harus segera diselesaikan. Salah satunya ialah soal lokasi parkir. Azwan menilai bahwa lokasi parkir tersebut memiliki "urgensi" tersendiri terhadap jalannya acara. Pasalnya ia menilai bahwa kenyamanan dari masyarakat baik warga setempat maupun peserta dan penonton yang nantinya akan hadir patut diperhitungkan.

"Jangan sampai acara ini mengganggu arus lalu lintas masyarakat. Selain itu untuk para peserta maupun penonton yang hadir dapat memarkirkan kendaraan mereka tanpa harus was-was," ucapnya.

Selain dari SMP Madani, nantinya untuk sejumlah cabang yang akan ikut dalam perlombaan tersebut aan dilaksanakan disejumlah masjid. Seperti untuk cabang Kaligrafi yang akan dilaksanakan di Masjid Istiqomah yang berada di jalan Garuda, serta tartil dan tilawah akan dilaksanakan di Masjid Al Kautsar yang juga berada di Kecamatan Marpoyan Damai.

Sebelumnya diberitakan bahwa MTQ ke-51 tingkat Kota Pekanbaru akan digelar pada 31 Maret mendatang. Rencananya para pemanang akan diikut sertakan dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Riau.***4***