Tingkat Kecamatan Selesai, Musrenbang Kabupaten Rohil Dijadwalkan Pertengahan Maret Nanti

id tingkat kecamatan, selesai musrenbang, kabupaten rohil, dijadwalkan pertengahan, maret nanti

Tingkat Kecamatan Selesai, Musrenbang Kabupaten Rohil Dijadwalkan Pertengahan Maret Nanti

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Surya Arfan memastikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten didaerah itu akan dilaksanakan pada pertengahan Maret.

"Sekarang masih berlangsung Musrenbang tingkat kecamatan, kemungkinan di Kecamatan Pasir Limau Kapas hari ini terakhir dan diharapkan pertengahan Maret nanti sudah dilaksanakan Musrenbang tingkat kabupaten," ujar Surya Arfan di Bagansiapiapi, Kamis.

Ia mengatakan, persoalan pokok seperti infrastruktur baik jalan dan jembatan, maupun pendidikan dan kesehatan tetap menjadi program prioritas pada Musrenbang 2018 yang nantinya akan disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019.

"Nah dari hasil Musrenbang kabupaten itulah dihimpun dari Musrenbang kecamatan, kemudian dihimpun rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), maka dari situlah akan menjadi RKPD nantinya," jelas Sekda.

Selain persoalan infrastruktur, ujar dia peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka penyempurnaan terhadap pelaksanaan kesehatan dan pendidikan juga menjadi perhatian dari pemerintah daerah setempat.

"Alhamdulillah 2017 lalu empat Puskesmas rawat inap di Rohil sudah dibangun dan diresmikan. Keempat Puskesmas itu adalah Puskesmas Rawat Inap Sinaboi, Bagan Sinembah Raya, Panipahan dan Tanjung Medan," sebut dia.

Keberadaan Puskesmas rawat inap menurutnya sangat penting dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena itu dengan adanya Puskesmas tersebut diharapkan akan membawa motivasi bagi petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

"Insya Allah tahun ini diharapkan semua Puskesmas di Rohil sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)," harap Surya Arfan. ***