Dumai memulai pleno perolehan suara tingkat kecamatan

id Pemilu 2024,Pemilu dumai

Dumai memulai pleno perolehan suara tingkat kecamatan

Rapat Pleno rekapitulasi perolehan suara Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai, Jumat (16/2/24).

Dumai (ANTARA) - Rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan di Kota Dumai resmi dimulai Jumat, diawali di Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Selatan.

Pleno rekapitulasi suara di Aula Kantor Kecamatan Dumai Selatan yang dibuka oleh Ketua Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Dumai Selatan Rudi Rosyidiini harus diskors karena dianggapPanwascam setempat kurang siap.

Panwas Kecamatan Dumai Selatan Afmi Norizal meminta Ketua PPK Rudi untuk menjelaskan terlebih dahulu tata tertib dengan meminta persetujuan kuorum peserta pleno, dan pemaparan disertai audio visual.

Ketua PPK Dumai Selatan Rudi menyebut sistem rekapitulasi penghitungan dilakukan tidak lagi menghitung, melainkan hanya mencocokkan rekap C 1 hasil di setiap TPS dan kelurahan.

Rudi mengakui terdapat kekurangan PPK dalam pelaksanaan pleno karena petugas baru saja menyelesaikan penghitungan suara di tingkat kelurahan dan pergeseran logistik ke gudang kantor kecamatan.

"Kita akan berupaya menyelesaikan pleno ini meski petugas di TPS baru selesai menghitung dan mendistribusikan logistik ke gudang kecamatan," kata Rudi.

Pembukaan pleno kecamatan dihadiri Camat Dumai Selatan Wahyu Wicaksono ini, PPK membagi proses rekap penghitungan suara dalam 3 sesi dan diharap bisa rampung dalam satu atau duahari atau tepat waktu

Sesuai Peraturan KPU, pleno rekap suara tingkat kecamatan dimulai sejak 16 Februari hingga 2 Maret 2024, dengan peserta PPK, Panwascam, Saksi Partai, Pengawas TPS, TNI Polri dan masyarakat serta lainnya.

Sementara, Camat Dumai Selatan Wahyu Wicaksono mengapresiasi kerja keras seluruh petugas yang terlibat dalam Pemilu 2024 ini, mulai dari persiapan, hari pencoblosan hingga di tahap pleno tingkat kecamatan sekarang ini.

"Terimakasih atas pengabdian dan kerja keras petugas dalam penyelenggaraan pemilu ini. Mari jalankan pleno rekap suara ini dengan baik dan seluruh tata tertib sesuai ketentuan berlaku," kata Camat Wahyu.