Jembatan Siak IV Masih Menunggu Rapat Dinas PUPR dan KKJTJ

id jembatan, siak iv, masih menunggu, rapat dinas, pupr dan kkjtj

 Jembatan Siak IV Masih Menunggu Rapat Dinas PUPR dan KKJTJ

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat akan menggelar pertemuan dengan tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) terkait pengerjaan proyek Jembatan Siak IV.

"Teman-teman di DinasPUPR segera melakukan rapat dengan tim KKJTJ. Informasinya minggu ini, akan membahas terkait pengerjaan pylon atau penyangga jembatan," kata Ketua Komisi IV DPRD Riau Hardianto di Pekanbaru, Jumat.

Politisi Gerindra Riau tersebut mengatakan, Brantas Abipraya selaku kontraktor akan memulai pengerjaan pylon penyangga SIAK-IV setelah mendapatkan rekomendasi dari Tim KKJTJ. "Semoga rekomendasi itu keluar, maka kontraktor bisa menjalankan pengerjaan pylon," papar Hardianto.

Khusus untuk penyangga jembatan (pylon) ditargetkan pengerjaan rampung dengan masa kerja 200 hari, pihak kontraktor menyatakan kesiapannya. "Itu sudah kita bahas tadi, 200 hari kerja, masih bersisa waktu 100 hari lagi. Mereka siap," tegasnya.

Untu diketahui, setelah meninjau pengerjaan proyek Jembatan Siak IV yang menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Rumbai Pesisir, Pihak Komisi IV DPRD Riau yang membidangi infrastruktur menyoroti progres fisik yang baru mencapai sekitar 12 persen dan progres keuangan mencapai tujuh persen hingga akhir bulan ini.

Hardianto optimis proyek dengan nilai kontrak sebesar Rp107.602 miliar tersebut rampung dengan target masa kerja kontrak selama 500 hari atau sampai pada Desember 2018 ini.

"Setelah kita lakukan sidak kemarin, dan mendapat kejelasan dari pihak Kontraktor, Brantas Abipraya terkait persoalan yang dihadapi, telah terjawab keraguan-kerahuan selama ini, kita optimis jembatan siak IV selesai sesuai target," jelas Hardianto.

Hardianto mengatakan, penantian panjang masyarakat atas keberadaan jembatan yang sempat mangkrak 2012 lalu tersebut, semoga dapat segera dinikmati sebagai akses yang menghubungkan jalan protokol dengan Rumbai Pesisir.

Yangg paling penting, komisi IV, PUPR dan lainnya, meminta doa masyarakat agar tidak ada kendala terkait pembangunan jembatan siak V ini," harapnya. ***3***