Dinkes Riau Siapkan Imunisasi Measles Rubella, Seperti Apakah itu?

id dinkes riau, siapkan imunisasi, measles rubella, seperti apakah itu

Dinkes Riau Siapkan Imunisasi Measles Rubella, Seperti Apakah itu?

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau kini mulai membentuk kelompok kerja guna persiapan pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) di wilayah setempat Agustus 2018.

"Kini sedang proses persiapan untuk segala sesuatu pada Agustus nanti, " kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Kamis.

Mimi Yuliani Nazir menyatakan Riau dengan provinsi lainnya memang mendapatkan giliran imunisasi MR tahun ini setelah sebelumnya dilaksanakan di Jawa.

Ini merupakan program nasional kementrian kesehatan, fase pertama sudah selesai dilaksanakan di pulau Jawa pada enam Provinsi Agustus- September 2017 yang lalu, "tambah Mimi.

Sementara itu Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Diskes Riau Siska Hidayani membenarkan kini Riau sudah membentuk kelompok kerja di kabupaten/kota. Yang berasal dari tenaga medis dan para guru.

"Kita sudah membentuk "Timeline" untuk pelaksanaan MR mulai Januari sampai Desember lalu. Surat Keterangan bagi Pokja yang dibentuk sudah ditandatangani Gubernur Riau," ujar Siska Hidayani.

Menurut Siska SK pokja MR yang dibentuk akan melibatkan petugas terkait yang terdiri dari 5 bidang pokja yaitu, Bidang perencanaan, Bidang pelaksanaan, Bidang logistik, Bidang komunikasi, dan Bidang evaluasi monitoring.

"Kami kini juga sedang mempersiapkan SK Komda Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Deputi CEO GAVI Anuradha Gupta mengatakan campak adalah salah satu penyakit paling menular pada manusia dan menelan satu korban jiwa setiap empat menit, kebanyakan anak-anak. Sama bahayanya dengan rubella yang menjadi ancaman serius dan jika tertular di masa awal kehamilan dapat mengakibatkan cacat bawaan saat lahir pada otak, jantung, mata dan telinga. Namun hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan imunisasi MR.

''Dengan kurang dari satu dolar per dosis imunisasi tersebut, penyakit-penyakit ini bisa dicegah dengan aman dan efektif,'' kata Gupta.

Pada imunisasi MR kali ini, GAVI mendukung Pemerintah Indonesia dengan memberikan kontribusi 50% dari keseluruhan biaya vaksin.