Kapolres Inhil Sidak Pasar Terapung Tembilahan

id kapolres, inhil sidak, pasar terapung tembilahan

 Kapolres Inhil Sidak Pasar Terapung Tembilahan

Tembilahan, (Antarariau.com) - Kapolres Kabupaten Indragiri Hilir, AKBP Christian Rony Putra, bersama Kabid Meteorologi Disperindag Indragiri Hilir Hafriyon, dan Kepala Sub Divre Bulog Tembilahan, melakukan inspeksi mendadak di Pasar Terapung Kota Tembilahan dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga jelang Natal dan tahun baru.

Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra, Rabu mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan, secara umum harga-harga sembilan bahan pokok di pasar tersebut relatif stabil. hanya saja ada beberapa harga barang yang sedikit mengalami kenaikan seperti telur ayam ras yang naik sebesar Rp 500 rupiah per kilogram (kg) dan daging ayam yang mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000/Kg.

"Dalam peninjauan tersebut, kita dan rombongan mendapatkan penjelasan dari pedagang, tentang kisaran dan pergerakan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat, khususnya menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," ujar Christian Rony Putra, di Tembilahan.

Selain terdapat beberapa kebutuhan pokok yang tercatat naik, ditingkat pengecer juga terdapat sedikit perbedaan harga, tergantung agen atau distributor tempat pedagang tersebut mendapatkan distribusi barangnya.

Christian menjelaskan, distribusi barang dan sembako menjadi salah satu fokus utama Polri dalam Operasi Lilin 2017, selain melakukan pengamanan dari ancaman terorisme dalam Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Hal ini, kata dia, sesuai dengan arahan Kapolri bersama Menko Maritim, Panglima TNI serta Menteri terkait.

Selanjutnya, alasan pasar terapung menjadi target sidak Polres Inhil karena, Pasar Terapung Tembilahan tersebut termasuk pasar yang menjadi acuan warga Tembilahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lebih lanjut Kapolres menyebutkan, Untuk wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, ia mengaku telah memerintahkan Para Kapolsek jajaran untuk memonitor pergerakan harga sembako di wilayah masing-masing.

"Hal itu bertujuan untuk menghindarkan adanya para spekulan yang melakukan penumpukan bahan kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Sedangkan untuk menciptakan suasana aman dan kondusif, Polres Indragiri Hilir dan jajaran melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatan.

"Semua tujuannya juga sama, yakni menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat disaat merayakan Natal bagi umat kristiani serta bagi masyarakat umum yang merayakan malam pergantian tahun," tambahnya.